Iklan

Iklan

Keren..!! Melalui Saung Kreatif Subang Berkebun, Kapolsek Subang Mampu Olah Sampah Menjadi Produk Yang Bernilai Ekonomi

klikindonesia
19 Agu 2022, 12:45 WIB Last Updated 2022-08-19T05:45:55Z

Laporan: Zayalangit

SUBANG- Kapolsek Subang, Kompol Yayah Rokayah berinovasi ciptakan Saung Kreatif bersama warga, berkreasi budidayakan ulat magot dan mengolah sampah organik menjadi produk yang bernilai ekonomi. 

Seperti yang dilakukannya bersama warga di "Saung Kreatif Subang Berkebun" TPS Jalitri Kel Karang Anyar Kec/Kab Subang, pada 18 Agustus 2022 Kapolsek Subang melakukan edukasi terkait budidaya ulat magot dan sistem pengolahan sampah. 

Atas arahan dan masukan dari Kapolres Subang AKBP Sumarni, S.I.K.,S.H.,M.H. " Kapolsek Subang mampu menaklukan masalah sampah sehingga menjadi
produk yg bernilai ekonomi.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Kapolsek Subang berkolaborasi bersama Babinsa Serka Sumarna dan sejumlah komunitas Saung Kreatif Subang Berkebun diantaranya, 
Saung Kreatif Subang Berkebun merupakan sarana edukasi anggota masyarakat dan pelajar yg ingin belajar mengolah sampah organik dan an-organik menjadi produk yg bernilai ekonomi dan tempat budi daya magot BSF.

Saung Kreatif dijadikan sebagai sarana pelajar dan siswa SLB untuk belajar melukis, membuat produk- produk dari limbah sampah an-organik dan Pojok baca untuk menumbuhkan minat baca  kembali di kalangan pelajar. 

Membuat rak magot BSF  yg inovatif dibuat secara vertikal untuk efisiensi tempat , bersih serta tidak berbau dengan melakukan fermentasi terhadap limbah sampah dapur  dengan menggunakan mixer produksi sendiri.

Membuat pakan alternatif ikan  dengan berbahan  dasar magot BSF dalam kolam  bioflok diameter 4 meter, untuk mengedukasi masyarakat membuat kolam ikan di lahan terbatas. 

Membuat pupuk organik dari sisa kasgot ( bekas magot ) untuk tanaman sayuran yg ditanam di sekitar area TPS Jalitri, supaya dapat merubah  TPS (Tempat Penampungan Sampah ) menjadi hijau dan indah dengan dijadikan lahan urban farming  (dengan menanam pepaya merah delima)

Memberdayakan warga masyarakat setempat dan para pemulung yang mengais rejeki di sekitar TPS Jalitri sehingga dapat menambah penghasilan & meningkatkan ketahanan pangannya pasca pandemi covid-19. 

Saung Kreatif Subang Berkebun telah dijadikan tempat pelatihan Bimtek Pengelolaan sampah budi daya maggot BSF  dg Peserta angkatan 3  dr Desa Wisata  Cisaat Kec Ciater dr Kementrian Lingkungan Hidup pada tgl 4 s.d 5 Agustus 2022



Disampaikan Kapolres Subang melalui Kapolsek Subang Kompol Yayah, mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu dan berkontribusi terhadap Pemda Subang dalam mengurangi sampah yang dihasilkan warga Subang & menjalin silaturahmi  antara Polri , TNI, masyarakat & Pemda Subang  shg menghasilkan respon positif , hal ini dibuktikan dg adanya penghargaan  pada tgl 17 Agustus 2022 dr Bupati Subang thd Kompol Yayah Rokayah Kapolsek Subang  sebagaj penggiat lingkungan yg membuat budi daya magot BSF.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Keren..!! Melalui Saung Kreatif Subang Berkebun, Kapolsek Subang Mampu Olah Sampah Menjadi Produk Yang Bernilai Ekonomi

Terkini

Iklan