Iklan

Iklan

Danlanal Cirebon bersama Siswa/i SMK dan Masyarakat Pesisir Ds. Bungko Lor Tanam Ribuan pohon Mangrove

klikindonesia
21 Okt 2022, 15:43 WIB Last Updated 2022-10-21T08:43:52Z


Cirebon, Net9.com - Dalam Rangka Program KBN (Kampung Bahari Nusantara) POTMAR (Potensi Maritim) TNI AL,  Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon melakukan penanaman ribuan bibit pohon mangrove dilokasi Kampung Bahari Nusantara Desa Bungko Lor, Kec. Kapetakan, Kab. Cirebon, Jum'at (21/10/2022).

Hadir dalam kegiatan Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, S.E. M. Tr. Hanla, M.M. beserta jajaran, Kesbangpolinmas, Kepala Sekolah dan siswa/siswi SMKN Kapetakan, perangkat Ds. Bungko Lor, Karang Taruna, Kodim 0620/Kab. Cirebon, Koramil 2021/Suranenggala, Babinsa Desa Bungko Lor, Bhabinkamtibmas Polsek Kapetakan Polres Cirebon Kota, Kelompok Masyarakat Mina Jaya Bahari Desa bungko lor,  selama giat berlangsung aman dan  kondusif.

Danlanal Cirebon mengatakan, "Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Program KBN (Kampung Bahari Nusantara) POTMAR (Potensi Maritim) TNI AL, Kita bersama ini untuk peduli terhadap lingkungan khususnya di wilayah pesisir pantai. pihaknya pun bersama Siswa SMKN Kapetakan dan unsur yang terlibat secara bersama telah melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove sebanyak 2000 pohon ditanam disekitaran pantai pesisir laut.

"Penanaman bibit pohon mangrove ini dengan luas tanah 2 Ha. Sudah kami tanam sebanyak 2000 bibit  Pohon Mangrove disekitaran sungai hingga bibir pantai kampung bahari Nusantara dipilih untuk penanaman mangrove karena wilayah tersebut sering abrasi dampak ombak pasang air laut jadi perlu kita jaga bersama," katanya.

"Untuk itulah perbaikan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama terutama pada ekosistem disekitaran pantai, sehingga diharapkan dengan adanya pohon mangrove yang ada disekitaran sungai hingga pantai selain dapat mencegah abrasi,juga memiliki manfaat Lainya. Seperti sebagai tempat berkembangbiaknya Ikan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar melalui pemanfaatan mangrove."


"Dari Mangrove ini juga diharapkan banyak tumbuh Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) yang kemudian didorong melalui BUMDes sehingga dapat meningkatkan ekonomi kreatif pendapatan masyarakat setempat," harapnya.

lebih Lanjut Danlanal Cirebon menyampaikan, "Pertumbuhan masyarakat pesisir bisa tumbuh pesat dengan pemanfaatan tanaman mangrove menjadi produk yang bernilai tinggi, Banyak produk yang dapat diolah dari mangrove seperti Keripik dan kopi. Dan diharapkan produk tersebut dapat menjadi salah satu produk unggulan yang dapat meningkatkan Usaha UMKM Masyarakat sekitarnya , selain sebagai tempat lokasi wisata mangrove,"Jelas Danlanal Cirebon.

Sementara itu, Samsu Ardian menyampaikan Apresiasi kepada semua unsur terkait dalam kegiatan ini  khususnya kepada  TNI Lanal Cirebon karena kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi ekosistem dan warga sekitarnya,"   Ujar Samsu Ardian Mewakili Pokmas Mina Jaya Bahari Desa bungko lor.


Laporan   :  SRN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Danlanal Cirebon bersama Siswa/i SMK dan Masyarakat Pesisir Ds. Bungko Lor Tanam Ribuan pohon Mangrove

Terkini

Iklan