Iklan

Iklan

Orang tua Siswa SDN 1 Weru Kidul Keluhkan Pungutan Biaya LKS sebesar RP. 56 Ribu

klikindonesia
13 Okt 2022, 08:47 WIB Last Updated 2022-10-13T01:47:26Z


Kabupaten Cirebon, Net9.com - Setiap warga negara mempunyai hak yang sama khususnya di bidang pendidikan,Negara akan maju bila masyarakatnya cerdas.Oleh karena itu Masyarakat Indonesia di  Wajibkan Belajar 12 Tahun.


Akan tetapi Mendapatkan Pendidikan yang Layak,baik dan Benar diduga masih isapan Jempol belaka.Seperti yang dialami oleh beberapa siswa SDN 1 Weru Kidul. Karena diwajibkan oleh oknum pihak sekolah tersebut untuk membeli Buku Paket Pelajaran lembar kerja siswa sebesar Rp. 56.000 per siswa.


Ironisnya buku akan diberikan setelah Pembayaran Lunas,kalau pembayaran Buku Paket LKS Rp. 56.000 tersebut belum lunas,maka Siswa tidak di berikan Buku Paket Tersebut, ungkap salah satu orang tua murid siswa SDN 1 Weru Kidul

Saat di wawancara Media ini orang tua Siswa mengatakan" memang sangat miris dan menyedihkan jika anak kami di beda -bedakan, atau tidak mendapatkan buku pelajaran seperti siswa yang lainnya bila belum lunas, dengan begitu dalam pelaksanaan Belajar di Rumah/Zoom jelas akan terganggu,jadi mengenai buku pelajaran tersebut memang sangat berarti bagi kami/siswa agar bisa mengikuti  bimbingan pelajaran jarak jauh seperti yang lainnya. ungkapnya.


saat awak media menanyakan langsung ke SDN 1 Weru Kidul kabupaten Cirebon ada beberapa siswa bahkan orang tua murid yang pulang dengan wajah sedih dengan tangan hampa, karena harus keluar dari lingkungan sekolah dengan tangan kosong.


Sementara siswa lainnya membawa buku paket, yang dimasukkan kedalam tas. (  jumat/ 7 /10/ 2022)


Disaat yang sama  awak Media  menanyakan perihal tersebut kepada beberapa Orang tua murid yang datang ke sekolah menerangkan, "memang benar, seperti saya ini karena belum melunasi pembayaran buku paket yang sebesar Rp. 56.000, makanya anak saya tidak diberi Buku pelajaran tersebut".katanya.


" Kenapa untuk masalah buku paket sekolah diduga kuat masih membedakan siswa yang lunas dan belum lunas, bukankah buku paket tersebut bersifat pinjaman dan gratis, sementara yang Rp. 56.000,- ( lima pulu ribu rupiah ) itu untuk apa dan bagaimananya saya tidak tahu.Pada hal sekolah sudah di danai oleh Pemerintah dengan anggaran Dana BOS,lalu dana BOS nya buat apa aja.jika seperti ini diduga bisa dibilang Pungli ( pungutan liar ).


Harapan kami agar Mentri Pendidikan khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon jangan tutup mata,dan secepatnya menindak lanjutinya. 


Agar kedepan tidak akan ada lagi kejadian serupa yang dialami oleh siswa, seperti yang dialami anak saya sekarang.tegasnya.



Namun saat akan di komfirmasi awak media  E Supriyadi  Kepala Sekolah SDN 1 Weru kidul kabupaten  Cirebon saat di temui di ruang guru mengatakan terkait buku LKS tersebut adalah titipan dan juga urusan koperasi sekolah kalau memang ada temuan atau Dugan silakan di lapor kan Saja.Kata kepala sekolah SDN 1 Weru Kidul E Supriyadi mengatakan ke pada awak media.


Ketika kita tim media komfirmasi terhadap kepala sekolah sekaligus ketua K3S mengakui adanya penjulan buku LKS tersebut akan tetapi itu di jual oleh koprasi sekolah di duga kuat koperasi tersebut tidak memiliki legalitas koprasi sekolah dengan nominal limah puluh enam ribu rupiah.

Laporan   :  Bobon. S
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Orang tua Siswa SDN 1 Weru Kidul Keluhkan Pungutan Biaya LKS sebesar RP. 56 Ribu

Terkini

Iklan