Iklan

Iklan

Hadiri Anniversary ke-1 Pelangi Subang, Kang Akur : Festival Layang-layang harus terus dilaksanakan

klikindonesia
25 Des 2022, 05:13 WIB Last Updated 2022-12-24T22:13:30Z


Laporan : Jayalangit

Subang -Plt. Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Hadir dalam perayaan Anniversary ke-1 Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (Pelangi) Subang sekaligus hari Kesehatan Nasional, dengan kegiatan festival layang-layang di lapang Gerbang Biru Desa Pagon Kecamatan Purwadadi. Sabtu (24/12/22).

Laporan ketua panitia penyelenggara kegiatan juga selaku ketua pelangi Subang Abi Oyan menyampaikan bahwa kegiatan festival layang-layang dilaksanakan dalam rangka melestarikan permainan tradisional layang-layang yang saat ini sudah mulai jarang terlihat "Festival ini menjadi awal pengenalan kembali layang-layang dan untuk melahirkan atlit-atlit olahraga layang-layang" ungkapnya 

Abi Oyan menyampaikan juga bahwa Festival tersebut diikuti oleh 128 peserta dari 8 Kabupaten, bahkan diikuti oleh juara layang-layang pada ajang FORNAS Palembang tahun 2022 perwakilan Jawa Barat.

Camat Purwadadi Cucu Wahyu, yang hadir mendampingi menyampaikan rasa bangga karena kegiatan tersebut merupakan event yang pertama kali dilaksanakan. "mudah-mudahan bisa dilaksanakan di event berikutnya yang bisa meningkatkan tali silaturahmi antar komunitas layang-layang."

Plt. Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menyambut baik kegiatan tersebut yang bertepatan dengan anniversary pertama Pelangi Subang dengan harapan kedepannya pelangi Subang bisa semakin eksis memperkenalkan permainan tradisional layang-layang sehingga masih tetap lestari "Olahraga layangan ini juga merupakan bentuk olah pikir dan olah rasa dengan menerapkan teknik dan taktik. Olah rasa hadir dari keindahan kreativitas dari bentuk layangan tersebut jadi kegiatan ini bisa membawa nilai-nilai budaya di atas udara. Untuk itu kita perlu hidupkan kembali" tandasnya

Kang Akur sangat mengapresiasi dan berharap melalui momentum tersebut dapat melahirkan para penggiat layangan karena menjadi wadah kreativitas seni budaya para generasi muda. "Dengan festival layang-layang ini harapannya pelangi Subang lebih maju dan memasyarakatkan kembali permainan tradisional layang-layang sehingga akan lahir UMKM pembuat layangan. Dulu Subang ada UMKM pembuat layangan, dengan adanya eksebisi ini lahir UMKM layangan dengan variatif", imbuhnya.

Kang Akur juga menjelaskan bahwa Permainan tradisional layang-layang menjadi salah satu induk olahraga bagian dari Kormi yang bisa dimainkan oleh seluruh kalangan tidak hanya untuk anak-anak saja, namun kalangan dewasa juga bisa "Dalam Permainan layang-layang dibutuhkan teknik dalam tarikan maupun uluran dalam mengalahkan lawan" tuturnya

Kang Akur menekankan, Selain rutin menggelar perlombaan ini, secara berkelanjutan di setiap tahunnya saya berharap pelangi Kabupaten Subang juga bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini untuk anak-anak di Kabupaten Subang walau kita hidup dikelilingi modernisasi namun kita harus tetap menjaga nilai-nilai tradisional seperti ini "Kedepannya festival layang-layang harus terus dilaksanakan bahkan digebyarkan di Subang pada tahun 2023 pada peringatan HUT Subang", pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Purwadadi Cucu Wahyu, Kapolsek, Danramil, Kades Wanakerta, pengurus KORMI Subang.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadiri Anniversary ke-1 Pelangi Subang, Kang Akur : Festival Layang-layang harus terus dilaksanakan

Terkini

Iklan