Iklan

Iklan

Dorong milenial mandiri dan kreatif, Kapolres Subang libatkan siswa SMK Tunas Bangsa Ciater untuk produksi oleh oleh khas Subang “Bolu Talas Subang (BTS)”

klikindonesia
23 Feb 2023, 06:02 WIB Last Updated 2023-02-22T23:03:33Z

Zayalangit

SUBANG- Seperti diungkapkan dalam peribahasa, sambil menyelam minum air, Kapolres Subang melaksanakan peninjauan proses pembuatan Bolu Talas Subang sekaligus sampaikan Himbauan Kamtibmas di SMK Tunas Bangsa, Rabu, 22 Pebruari 2023 sekitar pukul 10.00 WIB bertempat di SMK Tunas Bangsa Desa Palasari Kecamatan Ciater Subang. 

Giat peninjauan tersebut dipimpin  langsung oleh Kapolres Subang, AKBP Sumarni, bersama Kapolsek Jalancagak, Kompol Bony Yuniar, Kasat Binmas Polres Subang, Kasi Propam Polres Subang, KBO Sat Lantas Polres Subang, KBO Sat Narkoba Polres Subang, Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Subang, beserta Personel Polres Subang. 

Dalam kesempatan itu Kepala Sekolah SMK Tunas Bangsa Palasari, Ateng Zaelani menyampaikan dalam sambutannya dengan mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Subang yang telah datang ke sekolah kami. Ini merupakan suatu kehormatan buat kami beserta seluruh jajaran para Guru dan staf sekolah SMK Tunas Bangsa. 

Selain silaturahmi ini merupakan suatu anjuran di dalam agama Islam dan akan dibalas dengan pahala yang luar biasa, kami juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Sumarni dan jajaran yang telah menyampaikan imbauan Kamtibmas kepada anak anak didik kami yang insa allah sangat bermanfaat bagi semua siswa SMK Tunas Bangsa, tandas Ateng. 

Menyikapi hal itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni, juga menyampaikan dalam sambutannya dengan mengucapkan bahwa pada hari ini saya datang berkunjung ke SMK Tunas Bangsa ini dalam rangka bersilaturahmi, bertatap muka langsung dengan Siswa/i SMK Tunas Bangsa. 

Dalam hal ini saya ingin mendorong kaum milenial agar mampu menjadi orang yang mandiri dan kreatif, Kapolres Subang libatkan siswa SMK  Tunas Bangsa Ciater untuk memproduksi oleh oleh khas Subang “Bolu Talas Subang (BTS)”.

Semoga giat tersebut dapat memberikan motivasi, dan sosialisasi masalah bahaya penyalahgunaan narkoba, tertib berlalu lintas, antisipasi kekerasan seksual. Anak anak diberikan sharing pengalaman hidup dan diajak untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua, perbanyak doa dan usaha untuk menjadi orang yang sukses. 

Kepada Siswa SMK Tunas Bangsa, saya ingatkan mengenai peraturan lalulintas, salah satunya yaitu wajib memakai helm, dalam berkendara R2 tidak boleh melebihi dari dua orang, wajib membawa lengkap surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM. Sayangi diri kalian, dengan patuhi Petaturan Lalulintas. 

Selalu menggunakan helm saat berkendara R2 untuk keamanan dan keselamatan diri sendiri, ujar AKBP Sumarni

Jangan coba- coba menggunakan Narkoba, apalagi menjadi pengedar Narkoba. Lindungi diri kalian, banyak berdoa agar dijauhkan dari segala keburukan, imbau Sumarni. 

Jika dilingkungan kita ada pengguna atau pengedar narkoba ataupun gangguan kamtibmas lainnya agar segera laporkan kepada pihak kami atau dapat menghubungi 110 serta petugas terdekat. 

Kami sayang dengan siswa/i semua sebagai generasi muda jangan sampai terlibat hal hal yang melanggar hukum.

Untuk semua Siswa/i SMK Tunas Bangsa jika di lingkungan sekolahnya ataupun diluar sekolah terjadi pelecehan seksual dari orang sekitar, silahkan langsung laporkan kepada pimpinan sekolahnya, atau bisa langsung melaporkan ke Polsek terdekat. Jangan sampai generasi muda kita rusak karena hal negatif yang dilakukan oleh orang sekitar kita. 

Saya berharap Siswa/Siswi SMK Tunas Bangsa ini bisa menjadi suri tauladan dan bisa menjadi pemimpin bangsa ini, ke depan kalianlah yang akan menggantikan kami di masa depan. Di tangan kalian lah bangsa Indonesia ini berpegang, kalian harus persiapkan dari sekarang ini untuk menjadi generasi penerus bangsa. Semangat belajar untuk bisa menggapai Cita-cita.

Jangan mengeluh, jangan berkecil hati, setiap orang bisa menjadi sukses asalkan ada kemauan dari orang tersebut. 

Manfaatkan dan Kembangkan kemampuan Akademik atau di Bidang Extrakulikuler yang ada di sekolah, seperti Tataboga, Akutansi, Perhotelan, dan lain-lain. 

Jika kita sudah menguasai suatu bidang, misal di bidang Tataboga, kita bisa menciptakan suatu produk UMKM yang bermanfaat dan bisa menjadi ladang rejeki baru buat kita.

Contohnya saat ini Polres Subang bersama para petani milenial memanfaatkan ladang kosong untuk menanam Talas, Cabai, dan lainnya, demi menjaga Ketahanan Pangan di wilayah Kab. Subang. 

Kita bekerja sama dengan Kang Tono untuk bisa memproduksi Tepung Talas, dan selanjutnya bersama SMK Tunas Bangsa sebagai SMK Binaan Polres Subang menjadikan Tepung Talas tersebut menjadi suatu Produk UKM yaitu (BTS) Bolu Talas Pratama Subang.

Harapan saya, Semoga kedepannya Siswa/i SMK Tunas Bangsa bisa terus berkembang, dan termotivasi serta mampu menciptakan UKM Generasi Milenial selanjutnya di Kab. Subang, pungkas Sumarni. 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian siraman rohani oleh Kasat Binmas Polres Subang dengan Tema "Beribadah kepada Allah dan Berbaktilah kepada Kedua Orang Tua, agar selamat di Dunia dan Akhirat".

Dalam kesempatan yang sama KBO Sat Narkoba Polres Subang juga menyampaikan sosialisasi terkait
jenis-jenis Narkoba dan bahayanya, agar dipahami oleh seluruh siswa demi masa depan yang jauh lebih baik. 

Kasat Narkoba Polres Subang pun menghimbau kepada Siswa/Siswi SMK Tunas Bangsa agar selalu menjauhi narkoba. 

Ia juga mengajak Siswa/Siswi SMK Tunas Bangsa agar ikut berperan aktif dalam memberantas peredaran Narkoba, dan apabila di sekitar Siswa/Siswi SMK Tunas Bangsa ada yang menggunakan ataupun mengedarkan Narkoba agar segera melaporkan Kepihak Kepolisian atau bisa melalui telpon layanan Polri di 110.



Dilanjutkan dengan sosialisasi dari KBO dan Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Subang, memberikan sosialiasi mengenai Kamseltibcar Lantas dan ETLE, atau tilang elektronik. 

Ia pun mengajak dan menghimbau Siswa/i SMK Tunas Bangsa untuk selalu taat dan patuh terhadap peraturan lalulintas, selalu gunakan helm dalam berkendara R2, dan gunakan sabuk pengamanan untuk pengendara R4.

Dalam berkendara R2 dilarang melebihi muatan dari dua orang, wajib membawa surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM. 

Kapolsek Jalancagak Kompol Bony Yuniar juga menyampaian Sosialisasi dalam giat tersebut mengimbau kepada para siswa untuk jauhi segala bentuk kenakalan remaja. 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan semua siswa SMK Tunas Bangsa. 

Diahir acara Kapolres Subang, AKBP Sumarni memberikan hadiah untuk Siswa/i yang bisa menjawab pertanyaan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dorong milenial mandiri dan kreatif, Kapolres Subang libatkan siswa SMK Tunas Bangsa Ciater untuk produksi oleh oleh khas Subang “Bolu Talas Subang (BTS)”

Terkini

Iklan