Iklan

Iklan

Brebes Selatan Jadi Pusat Penyelenggaraan HPN Dan HUT PWI Ke-77.

klikindonesia
9 Feb 2023, 21:57 WIB Last Updated 2023-02-09T14:57:34Z

Netsembilan.com _Brebes-Puncak Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI Ke-77 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Brebes dengan menggelar tasyakuran dan Reboisasi Hutan.

“Kegiatan sosial dengan reboisasi hutan di wilayah Brebes Selatan ini merupakan wujud kepedulian insan pers khususnya PWI Brebes terhadap pelestarian hutan,” ujar Ketua PWI Kabupaten Brebes Eko Saputro,pada Kamis ( 09/02/2023).

Reboisasi dilakukan di lahan kritis Desa Pandansari,Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dengan menanam 5.000 bibit pohon rimba campur.

Bibit tersebut ditanam di petak 24 Desa Pandansari bekerjasama dengan RPH Kretek, BKPH Paguyangan, KPH Pekalongan Barat.
Dalam penanaman pohon melibatkan para Penggiat lingkungan, LSM dan Masyarakat sekitar, adapun jenis bibit pohon yang akan ditanam diantaranya pohon Kopi jenis Arabica dan Robusta.

 “Ini merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian alam juga untuk meningkatkan mitigasi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir khususnya di wilayah Brebes selatan,” terang Eko

Eko menambahkan karena kerusakan alam yang terjadi di hutan wilayah Brebes bagian selatan berdampak juga ke wilayah Brebes bagian utara.

Alasan kegiatan tersebut dilakukan Eko menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HPN ke-77 yang dibuat beda dari tahun-tahun sebelumnya.
“Saat ini sering terjadi bencana alam berupa banjir dan tanah longsor, maka kami mempunyai konsep untuk peringatan HPN tahun ini kita fokuskan ke kegiatan Konservasi Hutan, Ini kali pertama peringatan HPN dilakukan dengan konsep Reboisasi Hutan,” imbuhnya

Eko juga menjelaskan dipilihnya Pohon Kopi karena dinilai mempunyai akar yang kuat dan memiliki pertumbuhan yang cepat.
“Sehingga cocok untuk ditanam di daerah yang memiliki struktur tanah yang gembur dan memiliki tingkat kemiringan yang tinggi,” pungkasnya



Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin didampingi Forkopimda Brebes, forkopimcam Paguyangan juga Ketua PWI Brebes beserta elemen Masyarakat.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengapresiasi dan mengucapakkan terimakasih kepada PWI Kabupaten Brebes atas ide atau Konsep Reboisasi Hutan diwilayah Brebes selatan.
“Kegiatan penanaman 5000 pohon yang di inisiasi PWI Brebes merupakan Konsep yang luar biasa yang sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat serta lingkungan sekitar,” ucap Urip Sihabudin.

Ketua panitia peringatan Hari Pers Nasional HPN Kabupaten Brebes Ali Fahmi, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.
“Sinergitas PWI Brebes dengan Forkopimda dan semua elemen masyarakat dalam mendukung kegiatan peringatan HPN cukup solid, sehingga acara dapat terlaksana dengan sukses dan lancer,” tutur Ali



Plt MPC PP Brebes Dedy Anjar yang turut hadir juga mengapresiasi kegiatan reboisasi hutan yang dilakukan oleh PWI Brebes.
“Sangat bagus sekali kegiatan Reservasi hutan yang dilakukan PWI Brebes dengan penanaman 5000 pohon ini,” puji Dedy.
Dan inilah bentuk kepedulian sosial PWI Brebes dalam menjaga kelestarian alam di wilayah Brebes bagian Selatan***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Brebes Selatan Jadi Pusat Penyelenggaraan HPN Dan HUT PWI Ke-77.

Terkini

Iklan