Iklan

Iklan

Ilham Akbar S. Stp. MH Jangan Main Main Apa Lagi Bermain Dalam Penyaluran Bantuan Beras Perogram sandang Pangan Bantuan Pemerintah

klikindonesia
12 Jun 2023, 17:42 WIB Last Updated 2023-06-12T10:42:23Z


Kabupaten Lampung Utara. Net9.Com, -

KOTABUMI. Meluncurkan kegiatan penyaluran Beras sandang Pangan Pemerintah Untuk Bantuan Pangan, Melalui Dinas  Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. Kususnya Pada seluruh sektor Di 23, Kecamatan 232 desa Dan 15 kelurahan. Se - Kabupaten Lampura Tahun Periode 2023.

Bagi warga masyarakat atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sangat antusias menunggu giliran pembagian bantuan pangan ini. Dari Masing-masing warga memegang Kartu Keluarga dan KTP sebagai salah satu syarat untuk menerima bantuan ini. Bantuan Di salurkan secara Bertahap Selama 3 bulan, Maret, April dan Mei, yang sudah di salurkan selama 1 bulan, pada bulan maret yang lalu.



Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampung Utara Bapak Ilham Akbar S. Stp. MH  mengatakan di tengah kesulitan hidup dan naiknya harga-harga barang di pasaran terutama sembako, pemerintah pusat masih memberikan perhatian terutama bantuan sandang pangan yang telah dibagikan kepada masyarakat ‘’meski bantuan tidak untuk semua, tetapi bagi masyarakat yang sudah terdata  pemerintah, khususnya yang terdata dari pemerintah pusat. Bantuan pemerintah ini, sebanyak sepuluh kilo beras per kepala keluarga selama tiga bulan ke depan ungkapnya.

Bapak Ilham Akbar S. Stp. MH menjelaskan, dalam kesulitan yang dihadapi masyarakat pemerintah juga tidak tutup mata pemerintah pusat juga berharap, meski bantuan tidak cukup untuk satu bulan tetapi setidaknya bisa menutupi pengeluaran masyarakat,’’katanya.

Di tengah keterbatasan dan kesulitan yang dihadapi, Ilham Akbar S. Stp. MH meminta masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup hemat ‘’saya minta kita semua atur pengeluaran dengan baik. Kadang harga-harga naik lalu turun kemudian naik lagi. Pengeluaran yang tidak begitu penting sebisa mungkin dibatasi,’’ujarnya.

‘’semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan tentunya bisa sedikit mengurangi kesulitan-kesulitan yang dihadapi masyarakat,’’pungkasnya





Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Lampung Utara dalam laporannya menjelaskan, penerima bantuan beras di kabupaten Lampung Utara ini di salurkan pada, 23. Kecamatan 232 desa 15 kelurahan. Bantuan itu untuk 3 bulan, Maret, April dan Mei, yang sudah di salurkan selama 1 bulan, yaitu bulan maret 2023 Pemerintah Kabupaten Lampung Penerima dan lokasi bantuan kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kilo  per penerima.

Dijelaskan, pelaksana penyaluran bantuan sandang pangan ini yaitu, Badan Pangan Nasional dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Lampung Utara bertanggung jawab atas proses kordinasi pelaksanaan,  selanjutnya Perum Bulog Lampura yang bertugas untuk proses penyediaan dan distribusi beras serta melakukan serah terima beras di gudang Perum Bulog. Dan mengecek kualitas beras sebelum di distribusikan.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan penyaluran bantuan pangan beras dilaksanakan di titik lokasi setiap desa dan kelurahan yang representatif untuk melakukan pembagian secara tertib dan secara transparan.

Dikatakan, sumber data penerima bantuan pangan berasal dari Kementerian yang mengkordinasikan urusan pemerintah di bidang  pembangunan manusia dan kebudayaan, Kementerian yang menangani urusan bidang sosial, Kementerian yang menangani bidang  Pertanian, lembaga yang menangani urusan Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Diterangkannya, penyelenggaraan sandang pangan dilakukan untuk mengantisipasi adanya kekurangan pangan, gejolak harga pangan serta keadaan darurat.

Sementara tujuan penyaluran sandang pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan beras, jelasnya yakni untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga-keluarga penerima bantuan, sebagai upaya menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dalam kehidupan masyarakat dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak Kemiskinan warga masyarakat yang tergolong masyarakat miskin kurang mampu.

Ilham Akbar S. Stp. MH Menyapaikan, Jangan Main main apa lagi sampai bermain pada penyaluran bantuan beras sandang pangan pada kalangan masyarakat, jika mana di temukan penyimpangan, penyalah gunaan serta terdapat dugaan ajang penyeludupan dengan memperkaya diri, maka  Ilham Akbar S. Stp. MH selaku kepala dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara siap turun dan mengkorcek secara langsung terkait penyaluran bantuan tersebut, dan akan mengusut tuntas dan menindak dengan tegas jika mana di temukannya penyimpangan atau biasa di sebut di kalangan media dalam dugaan manipulasi data dari daftar nama  penerima bantuan dalam menjalankan proses penyaluran sesuai pada aturan serta pacuan Program pemerintah pusat. Ungkap Ilham Akbar S. Stp. MH Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampura.

( Firman. Net9. & Tim )
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ilham Akbar S. Stp. MH Jangan Main Main Apa Lagi Bermain Dalam Penyaluran Bantuan Beras Perogram sandang Pangan Bantuan Pemerintah

Terkini

Iklan