Iklan

Iklan

Implementasikan Kurikulum Merdeka, SDN Kamarung Gelar Karya P5 Dengan Tema "Kearifan Lokal dan Kewirausahaan"

klikindonesia
13 Jun 2023, 22:39 WIB Last Updated 2023-06-13T15:41:54Z

Zayalangit

SUBANG- Sambut Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Kepala Sekolah SDN Kamarung baru saja menggelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), yang di gelar siang tadi, Selasa, 13 Juni 2023 sekitar pukul 09.00 WIB, bertempat di halaman Sekolah SDN Kamarung Kecamatan Pagaden. 

Giat gelar karya P5 yang merupakan sebuah materi yang harus diamalkan dalam Kurikulum Merdeka tersebut dihadiri oleh Camat Pagaden, Drs. Muhamad Rudi, M.M., Kepala Korwil Pendidikan Kecamatan Pagaden, Budi Hartono, S.Pd., didampingi Bendahara Korwil, Hj. Aisah, S.Pd., Kepala Desa Kamarung, Kiki Akbar, yang wakili oleh Sekertaris Desa Kamarung, Ade Samsudin, S.HUM., Kepala SDN Kamarung, Taryono, S.Pd., Ketua Komite SDN Kamarung, Ustad Zaenudin, S.Ag, beserta sejumlah para pengajar SDN Kamarung dan orang tua siswa. 

Selaian diisi dengan pagelaran seni Sunda dan sisingaan beserta para penarinya yang para pelakunya merupakan siswa kelas IV SDN kamarung, giat tersebut juga di isi dengan pementasan wayang golek dengan dalang cilik Rizkiyana, Zidan dan Wisnu siswa kelas tiga dan kelas empat SDN Kamarung. 

Acara menjadi semakin meriah karena giat tersebut juga di ramaikan oleh Bazar berbagai kuliner berbasis kearifan lokal dimana peserta nya merupakan siswa kelas empat dan kelas satu SDN Kamarung yang dibantu oleh para orang tua siswa dalam proses pembuatannya. 

Mengawali sambutannya Kepala SDN Kamarung, Taryono, S.Pd., mengucapkan selamat datang kepada keluarga besar Sekolah SDN Kamarung, dan alhamdulillah saat ini kita bisa berkumpul dalam kegiatan "Gelar Karya" Proyek P5 dengan mengusung tema "Kearifan Lokal dan Kewirausahaan".

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka. 

Dimana proyek P5 ini merupakan sebuah upaya untuk mewujudkan pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila.Yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, ber kebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, ujar Tarsono. 



Terkahir ia mengucapkan terimakasih, Kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan ini, dan semoga proyek P5 ini sukses dan bermanfaat bagi kita semua. Mari kita berkolaborasi dengan baik dan menciptakan masa depan yang gemilang untuk sekolah kita tercinta ini, tandas Tarsono. 

Ditempat yang sama, saat dimintai tanggapannya terkait giat Kurikulum Merdeka tersebut, Camat Pagaden, Muhamad Rudi mengatakan bahwa saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan ini sangat luar biasa dimana anak seusia itu di tuntut untuk berkarya baik dari segi seni budayanya maupuan Kewirausahaan dengan menampilkan bazar kuliner atau penganan yang berkearifan lokal, kata Rudi. 

Namun kedepan ia berharap, dengan banyaknya jumlah siswa di SDN Kamarung ini yang mencapai hampir 600 siswa, diharapkan dapat menciptakan kegiatan yang jauh lebih besar lagi dan dapat menorehkan banyak prestasi agar dapat mengharumkan nama baik sekolah, tambahnya. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Kamarung, Kiki Akbar yang di wakili oleh Sekertaris Desa, Ade Samsudin, juga turut angkat bicara setelah menyaksikan langsung kegiatan kurikulum Merdeka yang menampilkan berbagai seni budaya buhun yang dibawakan oleh seluruh siswa siswi kelas satu dan kelas empat, serta adanya bazar kuliner yang berkearifan lokal ini sangat luar biasa dan patut untuk diapresiasi. 



Kedepan kami mengharapkan adanya sinergitas antara pihak sekolah SDN Kamarung dengan Pemerintahan Desa Kamarung agar kami dapat membantu se kemampuan dalam menopang kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan dikemudian hari, pungkas Ade.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Implementasikan Kurikulum Merdeka, SDN Kamarung Gelar Karya P5 Dengan Tema "Kearifan Lokal dan Kewirausahaan"

Terkini

Iklan