Iklan

Iklan

Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Lampung Utara Ke - 77 Bergerak Bersama Membangun Lampung Utara

klikindonesia
15 Jun 2023, 17:51 WIB Last Updated 2023-07-26T07:13:37Z


Lampung Utara. Net9.Com, -

KOTABUMI – Bupati Lampung Utara Hi. Budi Utomo, S.E., M.M., menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lampung Utara, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kabupaten Lampung Utara Tahun 2023.

“Bergerak Bersama Membangun Lampung Utara” menjadi tema peringatan HUT Kabupaten Lampung Utara Ke-77 Tahun 2023. Dalam Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori, S.H., tersebut juga dihadiri Pimpinan Forkopimda Kabupaten, jajaran pejabat Pemkab Lampung Utara, para Camat, Pimpinan Parpol, Ormas, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Tokoh Adat, hingga Tokoh Pemuda.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa tujuh puluh tujuh tahun adalah rentang panjang sebuah perjalanan, karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Lampung Utara adalah sebuah Kabupaten yang dulu sangat besar dan luas, kini telah beberapa kali melahirkan daerah baru. 

Berbagai peristiwa penuh makna dan hikmah dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Lampung Utara selama ini, bisa dipetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya. Para tokoh dan pimpinan daerah telah silih berganti bekerja keras untuk membangun Kabupaten Lampung Utara. 

“Untuk itu, melalui kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu kita, para tokoh pejuang dan tokoh pembangunan, para sesepuh, para Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara terdahulu, yang telah berjuang dan mewariskan semangat kepada kita semua, untuk membangun Kabupaten Lampung Utara tercinta ini,” ujar Bupati, 

Bupati menambahkan, sebagai masyarakat Lampung Utara tentunya wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Lampung Utara sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu dibingkai catatan perjalanan hari ini dan hari depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Lampung Utara hendaknya   terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan mewujud dalam laku setiap diri pribadi masyarakat Lampung Utara. Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kehidupan sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing. 

“Spirit inilah yang menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengangkat tema HUT ke-77 pada tahun 2023 Bergerak Bersama, Membangun Lampung Utara. Pembangunan dan Pemerintahan adalah ibarat dua sisi dalam satu mata uang yang sama. Artinya bahwa tujuan utama dari sebuah pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan. Begitu juga pembangunan, tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan,” tambah Bupati.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara terus bergerak melaksanakan berbagai tahapan pembangunan, meskipun harus menghadapi kendala dan penyesuaian akibat kebijakan dan pengendalian pandemi Covid-19. Badan Pusat Statistik mencatat bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara berhasil turun sebesar 1,22 persen, yakni dari 19,63 persen di tahun 2021 turun menjadi 18,41persen di tahun 2022.

Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara berkurang seiring dengan upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dalam menjaga perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Upaya pemerintah dalam penanganan kemiskinan ini dilakukan melalui berbagai sektor, yakni sektor jaringan pengaman sosial, sektor usaha, sektor pendidikan, sektor kesehatan, dan sektor pertanian, sehingga pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Utara pada akhir tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 0,34 persen, yakni dari 2,82 persen di tahun 2021 menjadi sebesar 3,16 persen di tahun 2022.  

“Berbagai capaian dan keberhasilan yang saya sebutkan tadi, merupakan wujud nyata kinerja, komitmen, semangat kerjasama, dan kerja keras dari seluruh Perangkat Daerah, bersama-sama dengan DPRD dan Unsur Pimpinan Daerah lainnya, Lembaga Instansi Vertikal, elemen masyarakat, serta semua pihak terkait.



Namun demikian, Bupati menyadari bahwa ibarat peribahasa Tak ada gading yang tak retak, itu artinya masih terdapat hal-hal yang memerlukan upaya lebih, dalam rangka meningkatkan kinerja agar lebih optimal. Untuk itu diharapkan kepada segenap Anggota Dewan yang terhormat, kiranya dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan pembangunan yang berkeadilan bagi Kabupaten Lampung Utara yang Aman, Agamis, Maju dan Sejahtera.

“Mari kita jadikan momentum HUT ke-77 Kabupaten Lampung Utara ini, untuk meneguhkan komitmen kita bersama, memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Kabupaten Lampung Utara, sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing-masing,” tandas Bupati.
(Firman. NET9. & Tim.)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Lampung Utara Ke - 77 Bergerak Bersama Membangun Lampung Utara

Terkini

Iklan