Iklan

Iklan

Buka Raker Dewan Pengurus KORPRI, Sekda Subang Harap para pengurus dapat lebih adaptif dengan perkembangan Zaman

klikindonesia
9 Nov 2023, 21:05 WIB Last Updated 2023-11-09T14:05:57Z


NET9.COM-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang H. Asep Nuroni,S.Sos, M. Si menghadiri sekaligus membuka acara Rapat Kerja Dewan Pengurus KORPRI Subang periode kepengurusan 2023-2028 yang bertempat di Ruang Rapat Bupati 2, Kantor Bupati Subang. Kamis, 9 November 2023.

Korps Pegawai Republik Indonesia (disingkat KORPRI) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan. Meski demikian, KORPRI sering kali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan KORPRI tak terlepas dari kedinasan.

KORPRI yang didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Subang H. Dadang Kurnianudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa ASN kini memiliki nilai dasar yang perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu BERAKHLAK yang merupakan akronim dari BERorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Kemudian H. Dadang juga menjelaskan bahwa salah satu standar umum dari organiasai profesi adalah memiliki Majelis Kode Etik dan Profesi (MKEP) yang akan kemudian memberikan pertimbangan dan terdiri dari tim gabungan yang berasal dari organisasi dan pemerintah. Adanya MKEP ini bertujuan untuk menyaring pelanggaran yang dilakukan oleh ASN apakah akibat dari perintah yang salah atau ada kesengajaan dari ASN itu sendiri. 

H. Dadang juga menghimbau kepada para dewan pengurus KORPRI untuk selalu solid dan berkualitas selaras dengan slogan KORPRI Kabupaten Subang. H. Dadang mengungkapkan bahwa percuma berkualitas tapi tidak solid atau pun solid tapi tidak berkualitas. Oleh karena itu ia meminta jajaran pengurus dapat menjalankan keduanya secara beriringan. Ia juga meminta KORPRI dapat menjadi partner pemerintah dalam membangun negeri.

Kang Asep sapaan akrab Sekda Subang, mengawali sambutannya dengan mengajak para ASN khususnya dewan pengurus KORPRI Subang untuk lebih disiplin dalam bekerja. Kang Asep mengingatkan bahwa KORPRI merupakan organisasi yang besar dan strategis sehingga bisa diibaratkan sebagai 'urat' dalam menjalankan berbagai kebijakan dan peraturan pemerintah. KORPRI juga diibaratkan sebagai kendaraan yang memiliki berbagai komponen yang dibutuhkan agar kendaraan kebijakan-kebijakan pemerintah dapat berjalan.
"saya berharap organisasi yang besar ini dengan kepengurusan yang baru dapat menjawab fakta-fakta yang kita rasakan bersama seputar kesejahteraan, keamanan, perlindungan, jaminan sosial, jaminan kesehatan bahkan jaminan hukum" Tutur Kang Asep

Kang Asep berharap KORPRI bisa lebih adaptif dengan perkembangan yang ada saat ini melalui program-program yang akan dilaksanakan, meskipun demikian Kang Asep meimbau agar para ASN untuk menjauhi hal-hal seperti pinjaman online yang bisa merugikan dan mempengaruhi kinerja sebagai ASN. Kang Asep mengungkapkan bahwa fakta di lapangan menunjukkan banyak ASN yang berusia produktif yang terjerat sehingga tidak dapat berkarya dengan optimal. 
"Untuk kita sikapi dengan fakta-fakta ini kita bisa berperan melalui organisasi. Mudah-mudahan KORPRI sekarang bisa menjadi rumah kita yang memberikan kenyamanan"

Acara dilanjutkan dengan pembahasan program kerja dari masing-masing Dewan Pengurus KORPRI Subang.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buka Raker Dewan Pengurus KORPRI, Sekda Subang Harap para pengurus dapat lebih adaptif dengan perkembangan Zaman

Terkini

Iklan