Iklan

Iklan

Simulasi Penanggulangan Bencana Dan Pelantikan DESTANA Desa Ciwalen

klikindonesia
4 Nov 2023, 17:45 WIB Last Updated 2023-11-04T10:45:27Z


NET9.COM-Dalam mengantisipasi bencana alam, Pemerintah Desa Ciwalen mengadakan kegiatan simulasi bencana Alam dan sekaligus pelantikan pengukuhan tim DESTANA desa ciwalen. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cipetir Hari Sabtu,(4/11/2023).

Dadang Sutisna, kepala desa ciwalen menyampaikan bahwa kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana tidak hanya melibatkan BPBD Cianjur, juga bekerja sama dengan Save the children,  juga dengan LPBI-NU Jawa Barat.Juga dihadiri Camat Warung kondang, Satpol PP, Babinsa,Babinkamtibmas ,unsur BPDD juga masyarakat.

Lebih lanjut,Dadang Sutisna menyampaikan selain kegiattan Simulasi Penanggulangan Bencana juga sekaligus pelantikan tim DESTANA Desa Ciwalen. Yang langsung di Lantik oleh perwakilan BPBD Cianjur, serta Camat Warung kondang.

" Dengan sudah dibentuknya DESTANA Di desa ciwalen,DESTANA harus siap siaga dan ini telah dibuktikan pada hari ini melalalui simulasi penangan bencana yang melibatkan masyarakat desa ciwalen," Ujarnya pada awak media saat diwawancarai dilokasi kegiatan, Sabtu(4/10/2023). 

Dalam simulasi ini dilaksanakan dengan beberapa metode mulai dari menyelamatkan para korban dengan langsung di bawa kendaraan Ambulans, memberikan pananganan pertolongan pertama,juga simulasi lainya.

Dadang Sutisna berharap, adanya DESTANA di desa ciwalen adalah upaya menjadikan desa tangguh bencana." Tujuan pembentukan desa tangguh bencana (DESTANA) adalah Untuk menjadi desa yang memiliki kemampuan menangani bilamana terjadi musibah,bencana di wilayah Ciwalen." Terangnya 

Destana juga harus memiliki kemampuan untuk mengenali wilayahnya dan mampu meng'organisir masyarakat demi mengurangi risiko bencana. Bukan hanya gempa bumi saja, tapi bencana seperti Angin puting, kebakaran dan musibah lainya.


" Dengan adanya DESTANA di desa ciwalen, jadi akan siap menangani bila terjadi bencana musibah dikemudian hari" jelasnya 

Selain itu, Dadang Sutisna menjelaskan  pasca bencana yang mau setahun ini pemerintahan desa ciwalen akan mendorong Masyarakat harus bangkit dan tetap semangat. 

" Pasca bencana gempa setahun lalu,pemerintahan desa ciwalen akan terus memberikan dorongan agar masyarakat tetap bangkit, dan juga kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tidak lama lagi akan mendapatkan bantuan tersebut, masyarajat yang belum dapat bantuan kini sudah terdata dan sudah masuk liss bantuan. Tinggal menunggu saja" Tutupnya.
(TEDI)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Simulasi Penanggulangan Bencana Dan Pelantikan DESTANA Desa Ciwalen

Terkini

Iklan