Iklan

Iklan

Pemdes Sukamanah Merealisasikan Pembangunan (TPT)

klikindonesia
31 Des 2023, 23:31 WIB Last Updated 2023-12-31T16:31:53Z

Cianjur | Fasilitasi para petani di Desa Sukamanah Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, pemdes Sukamanah merealisasikan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) jalan usaha tani dalam program Bangun Infrastruktur Sarana Jeung Lembur (Batur Salembur).

Pembangunan TPT jalan usaha tani yang direalisasikan pemdes Sukamanah, berlokasi di Kampung Kedung Hilir untuk memfasilitasi lokasi/area pesawahan tanah carik desa dan sawah milik warga dengan luas mencapai hektaran sawah produktif.

Saat ditemui wartawan, Minggu 31 Desember 2023, Kepala Desa Sukamanah Indra Surya Pradana, menyampaikan, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sukamanah khususnya di bidang pertanian, pihaknya membangun TPT jalan usaha tani di Kampung Kedung Hilir.

"Kendati bendungan/irigasi di Bingawati Kampung seseupan jebol sebagai sumber aliran air, kami tetap membangun TPT jalan usaha tani di Kampung Kedung sesuai hasil musrenbangdes Desa Sukamanah dalam program Bangun Infrastruktur Sarana Jeung Lembur (Batur Salembur)," kata Indra di lokasi pembangunan Batur Salembur di Kp Kedung Hilir.



Untuk anggaran pembangunan Batur Salembur ini, lanjut Indra, bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023 dengan nominal Rp. 101.975.000,-.

"Alhamdulillah kami bisa melaksanakan/merealisasikan pembangunan TPT jalan usaha tani berupa TPT sepanjang 100 meter dan pengecoran jalan rabat beton sepanjang 20 meter dengan lebar 3 meter untuk memfasilitasi para petani menuju area pesawahannya," ungkapnya.

Atas dibangunnya TPT jalan usaha tani tersebut, Indra berharap, apa yang dibangunnya itu bisa membantu peningkatan ekonomi para petani di desanya itu.

"Mudah-mudahan hasil pembangunan ini mampu meningkatkan produktivitas daripada perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian," harapnya.

Masih dilokasi yang sama sekretaris LPM Desa Sukamanah Ayi mengaku, sangat bersyukur atas terealisasinya pembangunan TPT jalan usaha tani dalam program Batur Salembur di Desa Sukamanah.



"Atas nama LPM, kelompok tani dan masyarakat kami sangat bersyukur atas dibangunnya fasilitas untuk para petani ini dan tentunya saya juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada pemerintah Desa Sukamanah yang sudah peduli dengan berlangsungnya usaha di bidang pertanian untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Desa Sukamanah khususnya, " aku Ayi mengungkapkan mewakili LPM, kelompok tani dan masyarakat.

Menurut informasi yang dihimpun, area pertanian/pesawahan di kedusunan 2 dan 3 tersebut lebih kurang mencapai 200 hektar sawah produktif.


Sandi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Sukamanah Merealisasikan Pembangunan (TPT)

Terkini

Iklan