Iklan

Iklan

Bantuan Stimulan Korban Gempa Cianjur Tahap IV Diserahkan Kepada Masyarakat

klikindonesia
7 Jun 2024, 18:31 WIB Last Updated 2024-06-07T11:31:33Z

Kepala BNPB, Letjen. Suharyanto didampingi Bupati Cianjur, Herman Suherman laksanakan penyerahan bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat akibat gempa Tahap IV kepada masyarakat korban

NETSEMBILAN.COM | CIANJUR - Bupati Cianjur, Herman Suherman lakukan penyerahan bantuan stimulan perbaikan rumah rusak akibat gempa tahap IV secara simbolik di pelataran Taman Pancaniti lingkungan Pendopo Kabupaten Cianjur. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen. Suharyanto,Inspektur Utama BNPB, Yulianti, Deputi Penangan Darurat BNPB Mayjen (Purn) Puji Setiawan, Sekda Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah, Unsur Forkopimda dan ratusan masyarakat penerima bantuan gempa.

Kepala BNPB, Letjen. Suharyanto menyatakan, bantuan yang diberikan setiap tahapnya bukanlah dari BNPB, melainkan perhatian penuh yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"Kita laksanakan perintah dan instruksi Bapak Presiden," ucap Suharyanto. Jumat (07/06/2024).

9 ribu rumah selama penanganan sejak bencana memang membutuhkan waktu yang lama. 4 ribu diantaranya dikatagorikan rusak berat dan mendapatkan biaya bantuan Rp. 60 juta. Biaya dan kerugian yang diakibatkan bencana Gempa Cianjur terhitung Rp. 5 Triliun.

"Nah jumlah kerusakan bangunan yang ribuan dan jumlah korban yang banyak itulah yang menyebabkan bantuan stimulan Tahap IV ini agak lama," jelas Suhartoyo.

Kepala BNPB juga menerangkan bahwa bantuan langsung masuk ke rekening pribadi para masyarakat korban gempa. Dan diharapkan bantuan tersebut dipergunakan untuk membangun secara mandiri rumah para korban.

"Kalau ada oknum aplikator nakal, segera para korban melaporkannya ke aparat penegak hukum," tegasnya.

Bupati merasa bersyukur dan memberikan apresiasi kepada BNPB dalam pananganan dampak bencana Gempa 5,6 Mg Cianjur terbilang paling cepat dalam hal penyaluran bantuan untuk masyarakat korban. Biasanya untuk penyelesaian bantuan masyarakat korban bencana alam terbilang lama.

"Kemarin-kemarin banyak sekali yang mempertanyakan waktu penyelesaian bantuan gempa Tahap IV ini. Nah dengan kesigapan dari BNPB, sekarang lah waktu bantuan ini kami serahkan kepada para korban," tutup Bupati. (Ruslan Ependi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bantuan Stimulan Korban Gempa Cianjur Tahap IV Diserahkan Kepada Masyarakat

Terkini

Iklan