Iklan

Iklan

KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

klikindonesia
19 Jul 2024, 18:21 WIB Last Updated 2024-07-19T11:21:57Z


Nama : Andi Ali Nagara
NIM   : (42303016)

  
NET9.COM -//- Masalah permintaan dan penawaran sudah tidak asing lagi bagi kita yang pernah mempelajari teori mikro ekonomi yang terdapat pada ilmu ekonomi. Permintaan dan penawaran juga sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi manusia dalam melakukan kegiatan perekonomian. 

Tentang produksi, supply, harga, keuntungan, produsen, pemasaran, pasar di bahas dalam konsep penawaran. Begitu juga dalam konsep permintaan yang membahas tentang konsumsi, konsumen, demand, kebutuhan hidup, harga yang selalu menjadi prioritas utama dalam menjalankan konsep permintaan. 
kemudian apasih itu konsep permintaan dan penawaran dalam perspektif islam ?

Pengertian permintaan
Secara umum permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu .Besar kecilnya perubahan permintaan ditentukan oleh besar kecilnya perubahan harga.

Jika ini terjadi maka berlaku perbandingan terbalik antara harga terhadap harga permintaan dan berbanding lurus dengan penawaran.Hukum permintaan menyatakan “bila harga suatu barang naik,maka permintaan barang tersebut turun, sebaliknya jika harga suatu barang turun maka permintaan terhadap suatu barang tersebut akan naik”.

Konsep permintaan dalam perspektif
Konsep permintaan dalam islam menilai suatu komoditi (barang atau jasa) tidak semuanya bisa dikonsumsi maupun digunakan, dibedakan antara yang halal dengan yang haram .Oleh karena itu, dalam teori permintan Islami membahas permintaan barang halal, sedangkan dalam permintaan konvensional, semua komoditi dinilai sama, bisa dikonsumsi dan digunakan.

 Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam permintaan
 Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu’ Fatawa menjelaskan, bahwa hal-hal yang mempengaruhi permintaan suatu barang antara lain:
Keinginan atau selera Masyarakat terhadap suatu barang yang berbeda.
Jumlah para peminat terhadap suatu barang.

Kualitas pembeli (al-mu’awid).
Lemah atau kuatnya kebutuhan suatu barang.
Cara pembayaran (tunai atau angsuran).
Besarnya biaya transaksi.
Pengertian dari Penawaran
Penawaran (supply) dalam ilmu ekonomi adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap waktu tertentu.Jadi penawaran dapat didefinisikan yaitu banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.

Hukum penawaran menerangkan apabila harga sesuatu barang meningkat, kuantitas barang ditawar akan meningkat dan apabila harga sesuatu barang menurun, kuantitas barang yang ditawar akan menurun. Hukum ini menunjukkan wujud hubungan positif antara tingkat harga dan kuantitas barang yang ditawar. Hal ini disebabkan karena harga yang tinggi member keuntungan yang lebih kepada produsen, jadi produsen akan menawarkan lebih banyak barang.
Konsep penawaran dalam perspektif ekonomi Islam.

Dalam perspektif ekonomi Islam,manusia diinjeksi dengan norma moral Islam sehingga nafsu untuk memenuhi keinginannya tidak selalu dipenuhi. Demikian juga cara untuk memenuhi keinginan tersebut senantiasa dikaitkan dengan norma moral Islam yang sellau menemaninya ke mana saja dan di mana saja.

Karena itu, semua barang dan jasa yang diproduksi dan ditawarkan ke pasar mencerminkan kebutuhan riil dan sesuai dengan tujuan syariah itu sendiri (maqoshidu syariah).Dalam perspektif ini tidak dimungkinkan produksi barang yang tidak berguna secara syar’i.Kedua rasionalitas.Asumsi kedua ini merupakan turunan dari asumsi yang pertama.

Faktor yang mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang
Faktor yang mempengaruhi penawaran menurut Ibnu Khaldun adalah banyaknya permintaan tingkat keuntungan relative (tingkat harga), tingkat usaha manusia (produktifitas) misalnya besarnya tenaga buruh termasuk termasuk ilmu pengetahuan yang dimiliki dan keterampilan yang dimiliki, keamanan dan ketenangan serta kemampuan teknik dan perkembangan secara keseluruhan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Terkini

Iklan