Iklan

Iklan

Peluang dan tantangan dalam ekonomi syariah saat ini

klikindonesia
19 Jul 2024, 08:57 WIB Last Updated 2024-07-19T01:57:18Z



NET9.COM -///- Saat ini menunjukkan bahwa Indonesia masih belum dapat mengoptimalkan besarnya potensi yang dimiliki untuk mengembangkan ekonomi syariah. Dalam pengembangan ekonomi Syariah Indonesia, Emir menyebutkan terdapat 5 tantangan, yakni: rendahnya inidukungan keuangan Syariah pada industri halal,belum adanya bank Syariah yang memiliki aset Buku 4, masih kurangnya SDM ekonomi Syariah yang mumpuni, terakhir kapasitas riset dan pengembangan yang masih rendah,” jelas Emir.
Ekonomi syariah saat ini memiliki peluang yang signifikan, seperti meningkatnya kesadaran akan keuangan yang berkesinambungan dan inklusif, serta pertumbuhan pasar global untuk produk keuangan yang sesuai syariah.

berikut beberapa tantangan dalam ekonomi syariah saat ini: 
1.Kesadaran dan Pemahaman Masyarakat
(Masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap prinsip-prinsip ekonomi syariah)
2.Regulasi dan Harmonisasi
(Keterbatasan dalam regulasi yang konsisten dan harmonis antar negara menghambat perkembangan pasar keuangan syariah secara global.)
3.Inovasi dan Teknologi
Tantangan untuk mengintegrasikan teknologi di layanan keuangan syariah dapat bersaing dengan pasar keuangan konvensional yang lebih mapan dalam hal teknologi.
4.Kemitraan dan Kolaborasi
Diperlukan lebih banyak kerja sama antara institusi keuangan syariah dengan institusi keuangan konvensional
5.Persaingan dengan Sistem Konvensional: Sistem ekonomi konvensional yang sudah mapan menjadi tantangan besar bagi ekonomi syariah untuk menarik pengguna dan investor.
 Dengan mengatasi tantangan ini, ekonomi syariah bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dalam ekonomi global yang berkelanjutan dan inklusif.

     Peluang ekonomi syariah saat ini cukup menjanjikan dengan beberapa aspek yang bisa dimanfaatkan,antara lain:
Pertumbuhan Pasar Halal 
Dukungan Pemerintah
Kesadaran Masyarakat
Inovasi Teknologi
Investasi Syariah
Ekonomi Berkelanjutan
Dengan adanya  tantangan yang ada melalui inovasi dan kolaborasi, peluang ekonomi syariah dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.
Secara keseluruhan, prospek ekonomi syariah terlihat cerah dengan pertumbuhan yang terus meningkat dan dukungan yang semakin kuat dari berbagai pihak.

ketika kita ingin memajukan ekonomi syariah saat ini kita bisa melakukan berbagai hal dari edukasi sosialiasi (memanfaatkan meningkatkan pemahaman pada masyarakat mengenai ekonomi syariah) Penguatan Regulasi (pemerintah perlu meguatkan regulasi yang mendukung) Inovasi Produk (mengembangkan dan memajukan layanan keuangan syariah yang inovatif).


Nama: Alifia Hafidzah Azra 
(mahasiswa stei SEBI Depok)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peluang dan tantangan dalam ekonomi syariah saat ini

Terkini

Iklan