Iklan

Iklan

Pimpin Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan, Pj. Bupati Harap Camat dan Sekmat Solid

klikindonesia
10 Jul 2024, 17:45 WIB Last Updated 2024-07-10T10:45:17Z


NET9. COM - //- Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd memimpin Rapat Koordinasi Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan, yang diselenggarakan bersama seluruh Camat dan Sekretaris Camat se-Kabupaten Subang, bertempat di Ruang Rapat Bupati II. Rabu, 10 Juli 2024.

Dalam paparannya, Pj. Bupati Subang menyampaikan bahwa banyak hal yang harus dikerjakan dalam rangka menjalankan pemerintahan baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan. Dirinya mengajak seluruh camat dan sekmat untuk bersama sama bergerak dengan lebih lincah sehingga berbagai target dapat tercapai.
“Saatnya kita bergerak lebih lincah.”

Selanjutnya, Pj. Bupati menjelaskan peraturan terkait pemerintahan yang sebelumnya terdiri dari 5 lapis (Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional) yang kini berubah menjadi 4 lapis (diluar Kecamatan).
“Camat tidak lagi disebut sebagai kepala wilayah. Sekarang, Pemerintahan itu hanya 4 lapis, ketika kecamatan menjadi organisasi perangkat daerah khusus yang memiliki wilayah kerja.”

Pj. Bupati Subang pun menjelaskan terkait tugas dan fungsi Camat, dimana dirinya menjelaskan bahwa camat adalah kepanjangan tangan dari Bupati/walikota untuk menyelenggarakan berbagai urusan, mengkoordinasikan beragam urusan, melakukan pembinaan dan pengawasan beragam urusan yang ada di kecamatan termasuk juga pembinaan pemerintahan desa. 
“Para camat harus menyadari ada tanggung jawab itu terkait pembinaan pemerintahan desa yang ada di wilayahnya. Makannya kita sekarang coba tertibkan. Dengan kita dengan melakukan penataan, hubungan pemerintahan itu kita harap wibawa Kecamatan itu akan semakin meningkat. pola hubungan pemerintahan itu akan terstruktur dan tersistematis dengan baik.”

Pj. Bupati berharap, dengan pemahaman yang sama terkait dengan aturan aturan yang ada, serta pemahaman terkait fungsi dan tugas camat maupun kecamatan, maka setiap permasalahan yang terjadi di tingkat bawah, dapat diatasi di tingkat kecamatan terlebih dahulu sebelum ke tingkat yang lebih tinggi.
“Saya berharap kedepan permasalahan yang ada pada tingkat bawah itu diselesaikan di tingkat kecamatan, tidak tiba tiba itu lari ke kabupaten.”

Pj. Bupati Subang juga mengajak para camat dan sekretaris Camat untuk dapat berjalan seiringan, bekerja dengan solid dan kompak, sehingga perjalanan pemerintahan di daerah dapat berjalan dengan baik.
“Tugas administratif itu dilakukan oleh sekcam. Pada kesempatan ini saya minta camat dan sekcam itu harus solid, harus kompak.”

Terkait Pilkada yang beberapa saat lagi akan dihadapi di Kabupaten Subang, Pj. Bupati kembali mengingatkan untuk selalu bersifat netral dan untuk dapat selalu berhati-hati dengan politik praktis.
“Saya hanya ingin mengingatkan, sampai dengan hari ini, aturan terkait pilkada itu masih jelas, ASN itu harus netral.”

Selanjutnya, Pj. Bupati Subang juga menyampaikan pesan dari Presiden RI, dimana Presiden menginginkan setiap daerah memiliki produk-produk unggulan yang dapat menjadi brand daerah tersebut. Oleh karena itu, Pj. Bupati berharap, setiap kecamatan memiliki branding, sehingga kedepannya, akan lebih mudah dalam pembinaan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Pak Presiden dan Pak Menteri Dalam Negeri meminta Semua daerah harus memiliki _branding_ , saya harap setiap kecamatan di kita itu punya _branding_ . Kalau ada _branding_ , itu akan mudah untuk melakukan pembinaan. Inovasi kreatif itu muncul dari kecamatan, itu yang saya harapkan.”
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pimpin Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan, Pj. Bupati Harap Camat dan Sekmat Solid

Terkini

Iklan