Iklan

Iklan

PJ BUPATI SUBANG HADIRI PEMBUKAAN RAKERNAS APKASI OLEH PRESIDEN JOKOWI

klikindonesia
10 Jul 2024, 16:47 WIB Last Updated 2024-07-10T09:47:33Z


NET9. COM - //- Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd hadir dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Apkasi Otonomi Ekspo, dan Apkasi Procurement Network 2024, bertempat di Jakarta Convention Center Jakarta, Rabu (10/07/2024).

Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia kali ini merupakan Rakernas Apkasi ke-16.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang hadir langsung dalam sambutannya mengajak seluruh hadirin untuk melihat 5 tahun ke belakang yang merupakan tahun-tahun yang berat bagi Indonesia dan dunia karena adanya Pandemi.
"Saya kira kita semua merasakan, 5 tahun ke belakang bukanlah tahun yang mudah, sangat sulit, penuh tantangan mulai dari Pandemi Covid-19 dan kondisi geopolitik Rusia-Ukraina."

Namun Presiden Jokowi tetap bersyukur karena Indonesia mampu bertahan di tengah hambatan-hambatan tersebut. Bahkan di tengah tantangan tersebut, Indonesia masih dapat bertumbuh di dalam sektor ekonomi.
"Ekonomi kita masih tumbuh 5,11 persen di kuartal tahun 2024. Sangat sulit bagi negara-negara di tahun ini, untuk bertahan dengan growth 5 persen."

Selain pertumbuhan ekonomi, Jokowi juga menyinggung inflasi yang berhasil dikendalikan salah satunya adalah karena peran serta Kepala Daerah yang terus memantau dan mengupayakan pengendalian inflasi di daerahnya masing-masing.
"ni berkat bapak dan ibu sekalian, yang rapat setiap Senin dengan Mendagri, tapi hasilnya ada. Coba cek Argentina Inflasinya berapa? Turki berapa? Mengerikan sekali."

Pada kesempatan tersebut Jokowi juga mengingatkan lepada seluruh Kepala Daerah agar pengadaan barang dan jasa berasal dari produk dalam negeri karena hingga saat ini baru 41% dari pengadaan barang jasa yang merupakan produk dalam negeri.
"Baru 41 persen di kabupaten/kota. Sisanya? Ya, impor. Dana yang terkumpul, ditransfer ke daerah. Tapi, malah dibelikan produk impor, yang untung siapa? Jelas negara lain. Jadi gunakan 100 persen untuk pengadaan barang dan jasa itu produk-produk dalam negeri." Ujar Presiden Jokowi.

Rakernas tersebut ditutup dengan pemaparan materi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jajaran Pengurus APKASI, dan tamu undangan lainnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PJ BUPATI SUBANG HADIRI PEMBUKAAN RAKERNAS APKASI OLEH PRESIDEN JOKOWI

Terkini

Iklan