Iklan

Iklan

REKOMENDASI MENU HEMAT UNTUK ANAK KOST TETAP SEHAT DAN KUAT

klikindonesia
19 Jul 2024, 09:07 WIB Last Updated 2024-07-19T02:07:51Z



NET9.COM -//- Gizi yang tinggi terdapat pada menu makanan yang berkualitas tinggi pula, banyak saat ini pola fikir yang mendasari bahwa ingin mendapatkan zat gizi yang tinggi harus disertai dengan biaya yang tinggi pula. Tentu hal ini dibenarkan karena ada harga ada barang. Namun, yang perlu kita ketahui bahwasannya ada bahan pokok makanan yang memiliki zat gizi, protein atau karbohidrat yang tinggi namun tidak dengan harganya.

Hidup selalu berfikir bagaimana bisa bertahan hidup dengan keterbasan bahan pokok makanan yang dimiliki namun tetap ingin hidup sehat untuk menjalani hari-hari selanjutnya. Hal ini pasti dirasakan dan difikirkan oleh sebagian besar anak kost. Baik dari sudut mahasiswa maupun sudut perantauan. Selalu terfikir oleh mereka dengan keterbatasan budget tetap bisa makan makanan yang memiliki unsur gizi agar tetap hidup sehat dan kuat.

Disini ada beberapa menu hemat yang bisa dijadikan menu andalan yang sehat dan bergizi bagi kalangan anak kost diantaranya :

·       Cah kangkung

·       Capcay

·       tumis tahu dan touge

·       Olahan jamur

·       Ikan lele

·       Olahan tahu tempe

·       Jeroan ayam

 

Berikut penjelasan dari menu-menu tersebut mengapa menjadi rekomendasi menu hemat tapi tetap sehat dan bergizi untuk anak kost :

1.     Cah kangkung

Sayuran memang makanan sehat paling pertama yang mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan masih banyak lagi.Salah satu makanan yang kaya akan kandungan gizi adalah kangkung. Kangkung adalah sayuran yang rendah kalori dan lemak dan mengandung vitamin yang cukup bayak. Selain itu kangkung juga kaya akan antioksidan. Dalam 100 gram kangkung 19 kalori. Karena kandungan gizi pada kangkung cukup tinggi dan kalorinya rendah, jadi banyak ahli yang merekomendasikan sayuran ini untuk menurunkan berat badan.

2.     Capcay

Seporsi capcai biasanya berisi sayur dan potongan daging ayam, ada pula yang memakai seafood. Makanan ini juga mudah dicari seperti di warung yang mengelola masakan china. Dilihat dari berbagai macam sayuran yang terkandung di capcay seperti wortel, bunga kol, sawi putih, brokoli, buncis dan banyak lagi, tentunya capcay memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat bermanfaat.

3.     Tumis tahu dan tauge

Masakan ini juga sering ditemukan di warung-warung makan yang biasa dijual di dekat kos-kosan. Tauge mengandung banyak manfaat seperti dapat mengurangi berat badan, dapat mencegah penyakit kanker, dapat mencegah kerontokan rambut, dan dapat menjaga kesehatan kulit. Tauge memiliki kandungan enzim 100 kali lebih banyak. Peran enzim cukup penting untuk kelangsungan sekaligus kelancara kinerja organ dalam tubuh agar bisa bekerja secara efektif.

4.     Olahan jamur

Menurut Health Line, jamur memang rendah kalori namun kaya akan protein, serat, vitamin, serta mineral. Selain itu jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2. Jamur biasanya diolah dengan berbagai resep, diantaranya adalah tumis jamur saus tiram, sambal jamur, tongseng jamur, pepes jamur, dan banyak lagi.

5.     Ikan lele

Biasanya, orang-orang mengolah ikan lele dengan cara digoreng dan disajikan dengan sambal atau lalapan. Bisa juga diolah dengan sayuran. Menariknya ikan lele ternyata kaya akan nutrisi seperti protein, lemak, kolesterol, natrium, vitamin D, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi,

6.      Olahan tahu tempe

Apabila kamu sudah bosan dengan olahan tahu dan tempe yang digoreng biasa, kamu bisa membeli olahan tahu dan tempe lain yang tentunya masih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.Tahu dan tempe dikenal sebagai salah satu sumber protein dan berbahan dasar kacang kedelai. Karena tahu dan tempe sama-sama bernutrisi tinggi, kedua makanan ini bisa dijadikan sebagai menu harian yang tentunya harganya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

7.     Jeroan ayam

Mungkin kamu bosan dengan daging ayam, tapi bagaimana dengan jeroannya? Jeroan dikenal sebagai penghasil kolesterol yang cukup tinggi. Jeroan ayam yang dikelola sebagai masakan rumahan pada umunya berupa jantung, usus, hati, dan ampela. Manfaat yang dihasilkan oleh jeroan adalah mendukung sistem imun, sumber protein baik, kaya akan vitamin, dan dapat mencegah anemia. Namun yang perlu kamu pastikan adalah pastikan jeroan diolah dengan bersih ya agar terhindar dari penyakit yang dibawa.

Itu dia 7 rekomendasi makanan yang ringan di kantong tapi penuh manfaat cocok untuk anak kost yang bingung dengan menu makanan selain ayam goreng. Makanan di atas selain murah tapi juga mampu untuk menambah energi. Hanya dinikmati dengan nasi panas dan kerupuk sudah nikmat. 

 

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • REKOMENDASI MENU HEMAT UNTUK ANAK KOST TETAP SEHAT DAN KUAT

Terkini

Iklan