Iklan

Iklan

Wujud Rasa Syukur Masyarakat Secang Menggelar Sedekah Bumi

klikindonesia
21 Jul 2024, 18:31 WIB Last Updated 2024-07-21T11:31:21Z

Netsembilan.com | Brebes - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H warga masyarakat Dukuh Secang, Desa Terlaya, Bantarkawung, Brebes gelar acara sedekah bumi. Bertempat di makom Candi Singalaya, Minggu,19/07/2024.

Sebagai wujud rasa syukur atas berbagai limpahan Karunia dan dalam rangka memperingati tahun baru Islam, ribuan warga masyarakat berbondong menghadiri tasyakuran sedekah bumi.

Kegiatan sedekah bumi di dukuh secang merupakan tradisi setiap tahunya. Hal ini dilakukan warga masyarakat sebagai bentuk melestarikan tradisi yang sudah turun-temurun dari para leluhur sebelumya.

Aneka makanan dari mulai tumpeng dan makanan lainya dari hasil pertanian di sajikan dan digelar untuk disantap bersama, sebagai wujud persatuan dan kesatuan serta mempererat tali silaturahim warga.

Ketua panitia Slamet Waluyo dalam sambutan menyampaikan, ucapan terimakasih atas partisipasi dan kekompakan masyarakat secara sukarela menyambut dengan antusias kegiatan tasyakuran tersebut.

"Kami selaku panitia mengucapkan terimakasih atas kekompakan seluruh warga masyarakat dukuh secang," ucap Selamet.

Lanjut Selamet, Dukuh Secang saat ini telah mendapatkan program pipanisasi air bersih, untuk itu rasa syukur dalam sedekah bumi juga sebagai wujud syukur atas program air bersih dari pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat Dukuh Secang.

Sementara itu, Kepala Desa Terlaya Ujang Muhaemin S.Ag melalui Sekdes Waud Abdila S.Sos dalam sambutan menyampaikan kegiatan tasyakuran sedekah bumi sebagai wujud syukur atas limpahan karunia terutama keberkahan dibidang pertanian dimana masyarakat Secang sebagian besar merupakan petani. 

"Kita semua berkumpul di tiga makom yang diyakini merupakan sesepuh Dukuh terlaya yakni Adipati Singalaya, Syeh Adipati Mertalaya dan Nyi Ratu Goyang Kalanginteun untuk mendoakan mereka, sekaligus para Almarhum sesepuh lainya" ungkap Waud. 

Lanjut Waud, Pemerintahan Desa mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran panitia serta, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh warga masyarakat yang telah berkenan hadir untuk melestarikan tradisi dan nguri-nguri budaya sebagai bentuk penghormatan bagi para leluhur Dukuh Secang.



"Semoga masyarakat dukuh Secang selalu dalam keberkahan dan keselamatan, baik yang berprofesi dibidang pertanian pedagang dan profesi lainya," Pungkas Waud. 

Selain mengadakan kegiatan tasyakuran panitia sedekah bumi Dukuh Secang juga menggelar kesenian budaya seni sunda berupa panggung hiburan kesenian jaipong yang akan dilaksanakan pada malam harinya.

Laporan: Rusmanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujud Rasa Syukur Masyarakat Secang Menggelar Sedekah Bumi

Terkini

Iklan