Iklan

Iklan

3 KUNCI KEMAJUAN BANGSA, UNGKAP PJ BUPATI SUBANG SAAT BUKA JOB FAIR SMK N 1 SUBANG

klikindonesia
20 Agu 2024, 11:53 WIB Last Updated 2024-08-20T04:53:10Z


NET9.COM -//- Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si hadir dan membuka secara langsung gelaran Job Fair SMK N 1 Subang, bertempat di Lapang SMK N 1 Subang, Selasa (20/08/2024).

Deden Suryanto, M.Pd Kepala SMK N 1 Subang menuturkan acara yang diikuti oleh 33 perusahaan tersebut merupakan salah satu upaya SMK N 1 Subang untuk memastikan lulusannya mendapat kesempatan untuk berkarir.
"Kegiatan ini juga untuk melacak lulusan kita sudah seperti apa dengan total 33 perusahaan yang hadir. Job fair ini akan memberikan kesempatan kepada alumni kami dan menjadi pembelajaran bagi anak-anak kelas XII."

Deden juga mengungkapkan SMK N 1 Subang yang merupakan sekolah dengan segudang prestasi baik di level Kabupaten, Provinsi, hingga level Nasional bisa menyelenggarakan job fair berkat kolaborasi semua pihak.

Membuka sambutannya Dr. Imran mengaku bangga dengan beragam prestasi yang diraih SMK N 1 Subang karena menurut Dr. Imran kemajuan suatu negara sangat ditentukan okeh kualitas sumber daya manusianya dan SMK harus menjadi wahana peningkatan kualitas SDM.
"Saya sangat bangga atas kinerja Kepala Sekolah yang telah membina SMK ini dengan baik. SDM yang berkualitas akan menentukan perkembangan suatu bangsa dan negara.

Dr. Imran mengungkapkan negara-negara yang dikatakan maju hari ini adalah negara yang di masa lalunya tidak pernah berhenti meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. 
"Jepang, setelah Hiroshima Nagasaki dibom langsung mencari tahu berapa guru yang hidup. Itu gambaran saking perlunya pengembangan sumber daya manusia. Singapura dan Malaysia bahkan sampai mebgimpor guru. Apa yang saat ini terjadi di negara maju adalah buah dari pengembangan sdm yang dilakukan di masa lalu sehingga bisa menangani berbagai permasalahan di negaranya."

Menurut Dr. Imran bonus demografi yang digadang-gadang akan menjadi senjata Indonesia untuk melompat menjadi negara maju di tahun 2045 akan percuma apabila generasi bonus demografi tersebut tidak memiliki kualitas yang unggul sehingga Dr. Imran mendorong tidak hanya SMK tetapi seluruh sekolah di Kabupaten Subang mampu berbenah dan memberikan arahan serta bimbingan terbaik bagi anak didiknya.
"Kita punya semuanya tapi kita tidak punya apa-apa.BKita semangati anak-anak kita sehingga ke depan kita menyongsong Indonesia Emas 2045 kita punya SDM yang unggul. Bonus demografi kita akan dicapai pada 2030 sehingga harus disiapkan dengan baik. Tidak hanya SMK tapi seluruh sekolag di Subang harus memperbaiki diri. "

Selanjutnya Dr. Imran mengatakan terdapat 3 kunci keberhasilan pengembangan sumber daya manusia yaitu mindset, mentalitas, dan skill yang semua itu harus ditanamkan dalam diri anak-anak Subang agar generasi Subang mendatang menjadi generasi unggul yang mampu menjadi pemimpin di berbagai lini.
"Saya tidak ingin anak-anak di Subang hanya jadi penonton dari pembangunan dan perkembangan di Subang. Saya ingin anak-anak Subang memiliki peran besar. Saya harap anak-anak Subang tidak hanya bercita-cita jadi pekerja tetapi mampu mencapai level manajer. Selain mindset kita harus bisa ubah mentlaitas kita untuk jadi petarung. Bukan hanya meminta. Selanjutnya adalah bagaimana membentuk skill anak-anak kita."

Dr. Imran mengajak seluruh sekolah dan lembaga pendidikan yang ada di Subang untuk menjalin sinergi dengan industri yang ada sehingga skill yang diajarkan kepada siswanya relevan dengan kebutuhan industri utamanya industri yang ada di Subang.
"Skill harus terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan jaman. Jangan sampai Politeknik dan SMK yang ada tidak menyesuasikan skill industri yang ada. Saya pernah ditanya kesiapan saya dengan adanya Patimban utamanya terkait SDM dengan skill yang memang dibutuhkan di Pelabuhan Patimban.
Kolaborasi antara sekolah dengan seluruh industri harus terjalin dengan baik."

Terakhir Dr. Imran menekankan selain 3 kunci sukses dan kolaborasi antara sekolah dengan industri, Pemerintah harus  mampu menjadi fasilitator semua pihak yang juga mengikuti perkembangan jaman.
"Selain 3 hal ini menjadi modal kita untuk maju, kita juga harus hadirkan Pemerintahan yang antisipatif, responsif, adaptif, adoptif, kreatif."

Usai menyampaikan sambutannya Dr. Imran dengan simbolis pemukulan gong secara resmi membuka gelaran Job Fair SMK N 1 Subang yang akan digelar selama 2 hari yaitu 20-21 Agustus 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala KCD Wilayah 4, Kepala DPMPTSP Subang, Kadisnakertrans Subang, Ketua Kadin Subang, perusahaan yang mengikuti job fair, jajaran SMK N 1 Subang, dan tamu undangan lainnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 3 KUNCI KEMAJUAN BANGSA, UNGKAP PJ BUPATI SUBANG SAAT BUKA JOB FAIR SMK N 1 SUBANG

Terkini

Iklan