Iklan

Iklan

Hadiri Pameran Kriyanusa 2024. Nym Rosnelly Imran Perkenalkan Songket Tenun Dengan Serat Nanas

klikindonesia
28 Agu 2024, 19:40 WIB Last Updated 2024-08-28T12:40:12Z



NET9.COM -//- Ketua Dekranasda Kabupaten Subang Ny. Rosnelly Imran S.KM menghadiri acara pameran Kriyanusa 2024 yang diselenggarakan di Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu (28/8/2024)
  
Kegiatan Pameran Kriyanusa 2024 secara resmi di buka dan resmikan oleh Ny. Wury Ma'aruf Amin Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (dekranas)

Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny. Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannnya mengatakan tema pameran yang diangkat tahun ini  "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” mencerminkan komitmen untuk meneruskan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda.

"Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas bangsa," katanya.

Ny. Wury mengatakan Kriyanusa menjadi panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Terdapat 420 stan kriya, di mana sekitar 30 persennya merupakan perajin muda, serta 24 stan kuliner di Pameran Kriyanusa 2024 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) , 28 Agustus - 1 September 2024.


Pameran ini memberikan peluang bagi produk-produk industri kreatif Indonesia untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Ia menilai, semakin banyak perajin muda yang terinspirasi untuk menggali, memahami, dan memanfaatkan kerajinan tradisional.

Lebih lanjut ia menyampaikan, generasi muda menjadi harapan bangsa untuk memastikan bahwa kekayaan budaya tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring perkembangan zaman.

Dekranas sebagai organisasi yang memayungi perajin Indonesia selalu berupaya memberikan dukungan dan ruang bagi para perajin, khususnya generasi muda untuk berkarya dan berinovasi.

Melalui pameran tersebut, ia berharap dapat memberikan wadah bagi para perajin muda untuk menampilkan karya-karya, saling belajar, serta menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

"Penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar, mendorong peningkatan kualitas produk, dan memperluas pasar," katanya.

Selanjutnya Ny. Rosnelly Imran meninjau stand pameran kriyanusa  melihat dan pengrajin di berbagai daerah, serta memperkenalkan ciptaan produk khas Subang yakni songket tenun dengan serat nanas

Yang dimana Kabupaten Subang merupakan wilayah yang kaya akan potensi dan kebudayaan. Ny. Rosnelly Imran yang mencetuskan terciptanya songket khas Subang sebagai wastra daerah berbahan serat nanas.

Selain itu sampai saat ini dalam mengembangkan hal tersebut, pemerintah Kabupaten Subang menggelar pelatihan berbasis kompetensi. Tak hanya menjadi wastra Kabupaten Subang, kain songket ramah lingkungan ini akan menjadi ikon budaya bagi Kabupaten Subang. Beda dari yang lain, songket khas Subang yang pertama kali digagas tersebut memiliki teknologi ramah lingkungan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Pungkas Ny. Rosnelly
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadiri Pameran Kriyanusa 2024. Nym Rosnelly Imran Perkenalkan Songket Tenun Dengan Serat Nanas

Terkini

Iklan