Iklan

Iklan

Bawaslu Kabupaten Cianjur Louncing Forum Warga Pengawasan Partisipatif

klikindonesia
6 Sep 2024, 11:53 WIB Last Updated 2024-09-06T04:54:02Z

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Bawaslu Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna (tiga dari kanan) Louncing Forum Warga Pengawasan Partisipatif di Situs Megalitikum Gunung Padang, Kecamatan Campaka,

NETSEMBILAN.COM | CIANJUR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur dan seluruh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setiap kecamatan, tingkatkan pengawasan partisipatif pada Pemilihan Tahun 2024, dengan menyelenggarakan kegiatan Forum Warga Pengawasan Partisipatif yang merupakan suatu kegiatan forum masyarakat berbasis kelompok pemerhati pengawasan Pemilu atau Pemilihan di Komplek Situs Gunung Padang, Kecamatan Campaka. 

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Bawaslu Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna menjelaskan, Forum Warga Pengawasan Partisipatif diselengarakan untuk mendekatkan individu dan kelompok masyarakat tertentu, terhadap pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilu atau Pemilihan, beserta semua persoalan kepemiluan.

"Forum Warga Pengawasan Partisipatif juga untuk menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan lainnya, serta mau dan mampu melakukan pelaporan dugaan pelanggaran dan tindak pidana Pemilu atau Pemilihan," jelas Tatang. Jumat (06/09/2024)

Dikatakannya, beberapa poin penting yang menjadi bahan diskusi dalam Forum Warga yang dilaksanakan, diantaranya, pentingnya pengawasan tahapan Pemilihan sebagai ruang partisipasi masyarakat untuk mengawal penyelenggaraan Pemilihan. Lalu, pentingnya memperhatikan pencegahan pelanggaran Pemilihan.

"Dan terakhir, tata cara pelaporan dugaan pelanggaran pemilihan," katanya.

Selanjutnya, lanjut Tatang Sumarna, sasaran Forum Warga Pengawasan Partisipatif ialah pemilih pemula,  pemilih penyandang disabilitas, pemilih lanjut usia, pemilih perempuan, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, lembaga pendidikan formal, kelompok atau komunitas hobi. 

"Yang selanjutnya membangun sinergisitas serta komitmen bersama Bawaslu Kabupaten Cianjur untuk ikut berpartisipasi melalui forum warga tersebut," imbuh Tatang. 

Tatang juga memaparkan, dengan adanya Forum Warga Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kabupaten Cianjur berharap masyarakat yang tergabung dalam komunitas di forum warga, dapat lebih memahami proses pengawasan dalam tahapan Pemilihan. Lebih dari itu, masyarakat bisa lebih terlibat aktif dalam pengawasan seluruh tahapannya, sehingga Bawaslu dan masyarakat dapat bersama-sama memastikan Pemilihan serentak Tahun 2024 di Kabupaten Cianjur berjalan secara demokratis, jujur dan adil.

"Forum Warga Pengawasan Partisipatif ini di laksanakan di 32 kecamatan baik langsung oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Cianjur, maupun para ppinan Panwaslu di setiap kecamatan," tutupnya. (Ruslan Ependi)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bawaslu Kabupaten Cianjur Louncing Forum Warga Pengawasan Partisipatif

Terkini

Iklan