Iklan

Iklan

Pj. Bupati Subang Dorong BUMD Tingkatkan Efisiensi dan Kolaborasi Strategis dalam RUPS-LB PT Subang Energi Abadi

klikindonesia
20 Sep 2024, 22:18 WIB Last Updated 2024-09-20T15:19:00Z


NET9.COM -//- Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd, menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Subang Energi Abadi (Perseroda) yang diselenggarakan di Gracia Hotel, Subang, pada Jumat 20 September 2024.

Direktur Utama PT Subang Energi Abadi, Bapak Mulyadi, memaparkan laporan kinerja direksi, disusul oleh laporan pengawasan dari Dewan Komisaris yang disampaikan oleh Bapak Samidi. Samidi menyatakan bahwa fungsi BUMD telah sesuai dengan amanat undang-undang terkait pelayanan publik, menghasilkan keuntungan, dan tertib administrasi.

Dalam sambutannya, Dr. Imran menekankan pentingnya BUMD untuk lebih proaktif dalam mencari mitra strategis guna mengurangi ketergantungan terhadap dana dari pemerintah pusat dan daerah. “Ini harus menjadi perhatian kita semua. Ketergantungan pada APBN dan APBD harus dikurangi dengan mencari mitra strategis untuk membangun Subang yang lebih mandiri. Kita harus lebih inovatif dan memilih mitra yang bonafide agar pembangunan bisa berjalan sesuai rencana dan tidak hanya bergantung pada dana pemerintah pusat,” tegasnya.

Dr. Imran juga menyampaikan kebanggaannya atas kenaikan deviden PT SEA terus meningkat dari tahun 2021, Beliau menyatakan prestasi tersebut mendapat perhatian yang diberikan oleh daerah lain yang ingin mempelajari keberhasilan Subang dalam mengelola sektor energi. “Kemarin dari Indramayu, Ibu Nina (Bupati Indramayu) ingin belajar terkait pengolahan gas di Subang. Begitu pula dari Majalengka, mereka ingin belajar di sini. Ini menunjukkan bahwa kita sudah berada di jalur yang benar dan ini adalah prestasi yang patut dibanggakan,” tambahnya.

Dr. Imran mengingatkan bahwa pembangunan daerah tidak bisa hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sering kali tidak sesuai harapan. "Kita harus lebih inovatif dalam mencari mitra strategis yang bonafide, dengan meminta jaminan dalam bentuk deposit box untuk memastikan keseriusan mereka," lanjutnya.

Beliau juga menekankan pentingnya kekuatan dan integritas Dewan Komisaris dalam mengawal operasional perusahaan. “Komisaris harus kuat, karena tangannya pemegang saham ada di komisaris. Kalau komisaris tidak kuat menekan, tidak akan ada peningkatan kompetensi. Kita harus punya _bargaining power_” tegasnya.

Menutup sambutannya, Dr. Imran berpesan agar jajaran internal PT SEA tetap solid dan profesional, Dr. Imran menegaskan agar PT SEA profesional dalam menyeleksi pegawai yang kompeten di bidangnya masing-masing.
"Saya selalu mendoakan PT. SEA agar sukses, dari sisi profit perusahaan dan memberi kontribusi pada PAD" Harapnya.

Setelah memberikan sambutan, Dr. Imran secara resmi memberikan persetujuan pengangkatan kembali direksi untuk periode 2024-2029 serta persetujuan sejumlah rencana bisnis strategis, termasuk pembangunan jaringan gas kota melalui skema Joint Venture pada tahun 2024-2025 pada RUPS-LB tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil RUPS oleh Notaris PT SEA, Ibu Galuh Chandra Rini, S.H., dan penandatanganan berita acara RUPS-LB PT Subang Energi Abadi tahun 2024 oleh Pj. Bupati Subang sebagai pemegang saham dan Direktur Utama PT SEA.

Melalui RUPS-LB ini, diharapkan PT Subang Energi Abadi mampu terus berkembang dan menjadi BUMD yang berdaya saing tinggi, memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi Kabupaten Subang, serta menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, serta jajaran PT SEA.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Subang Dorong BUMD Tingkatkan Efisiensi dan Kolaborasi Strategis dalam RUPS-LB PT Subang Energi Abadi

Terkini

Iklan