Iklan

Iklan

BRIN, Suporting Kolaborasi Riset dan Inovasi Sorgum Kawasan Industri

klikindonesia
3 Okt 2024, 10:14 WIB Last Updated 2024-10-03T03:14:44Z



Subang - Humas BRIN. Sorgum merupakan tanaman biji-bijian yang kaya akan nutrisi seperti kabohidrat, protein, dan serat, serta mengandung zat besi, magnesium dan vitamin B, tanaman yang berasal dari Afrika Timur ini juga terkenal karena daya tahannya terhadap kekeringan dan cepat beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah.

“Sorgum mengandung serat yang dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung mikrobiota usus yang sehat, sorgum juga dapat sebagai bahan alternatif untuk pengganti nasi yang baik karena mengandung protein dan serat yang tinggi”


Dalam rangka tindak lanjut Kerjasama Riset dan Inovasi Sorgum untuk Pemberdayaan Masyarakat Penyangga Kawasan Industri PT. Dahana Subang, tim periset Pusat Riset Teknologi Tepat Guna (PRTTG)-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Sain (KS) Subang hadir dalam rapat kolaborasi di PT. Dahana. Subang, Tim kunjungan ini langsung dipimpin oleh Kepala PRTTG-BRIN Kawasan Sains (KS) Subang (Achmat Sarifudin). Rabu (2/10).


Kerjasama Riset dan Inovasi Sorgum ini, dimana peran periset PRTTG-BRIN siap bertindak dan akan memberikan pendampingan riset Teknologi Tepat Guna (TTG) yaitu pendampingan mulai dari benih, cara tanam, hingga proses pasca tanam. Sementara dari pihak PT. Dahana akan menyediakan lahan perusahaan sebagai tempat masyarakat mengembangkan tanaman Sorgum.


Kolaborasi antara PRTTG-BRIN, PT. Dahana dan perguruan tinggi ini diharapkan dapat membantu penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, sekaligus menawarkan pangan alternatif yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik, pungkas Achmat.


Juli Jajuli selaku Legal & Komunikasi Perusahaan PT. Dahana menyambut baik rencana kolaborasi PRTTG-BRIN beserta perguruan tinggi untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Menurutnya, kolaborasi pemberdayaan masyarakat sesuai dengan semangat perusahaan untuk tumbuh, maju, dan berkembang bersama masyarakat sekitar perusahaan.


“Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk maju, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat sekitar, kami menyambut baik kolaborasi dengan PRTTG-BRIN dan Perguruan Tinggi yang ada di Subang. Semoga ini menjadi langkah kita bersama untuk mengembangkan pengetahuan, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Juli.


Lebih lanjut Juli katakan “sebagai info, bahwa pihaknya telah melakukan kolaborasi memanfaatkan lahan hutan PT. Dahana bersama dengan kelompok tani hutan milik masyarakat sekitar yang berhasil menanam berbagai jenis tanaman. Harapan kami dengan adanya kolaborasi dengan periset PRTTG-BRIN maka semakin terbantu untuk penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Juli.

Sebelumnya, PT. Dahana dan PRTTG-BRIN telah sukses mengembangkan mesin pemusnah sampah yang turut melibatkan generasi muda dari SMKN Cibogo. Kolaborasi tersebut turut bersumbangsih terhadap pengurangan sampah di lingkungan Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam kunjungan ini dari Politeknik Negeri Subang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) Subang. SM Legal & Komunikasi Perusahaan PT. Dahana. (th.sp/set).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BRIN, Suporting Kolaborasi Riset dan Inovasi Sorgum Kawasan Industri

Terkini

Iklan