Iklan

Iklan

Kapolsek Cikaum Hadiri Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengawasan PKD Oleh Panwascam

klikindonesia
13 Okt 2024, 21:51 WIB Last Updated 2024-10-13T14:51:37Z

NET9//SUBANG- Sebagai bentuk kepedulian terhadap suskes nya Pillada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang, Kapolsek Cikaum AKP Yusman hadiri undangan Bimtek peningkatan Kapasitas Aparatur Pengawasan PKD oleh Pengawasan Pemilu Tingkat Kec. Cikaum Kab. Subang, Minggu, 13 Oktober 2024 sekitar pukul 11.00 WIB bertempat di SMP PGRI Desa Tanjungsari Barat. 

Atas arahan dan petunjuk Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., menghadiri giat bimtek tersebut dilaksanakan oleh Kapolsek Cikaum AKP Yusman, S.E., bersama Anggota Intelkam Polsek Cikaum Aipda Ikhsan. 

Sementara giat tersebut dilaksanakan langsung oleh Panwascam Kecamatan Cikaum dan hadiri oleh komisioner Bawaslu subang, Jamal, Ketua Panwascam Kecamatan Cikaum Ahmad Fadilah, Komisioner Panwascam Kecamatan Cikuam, beserta sembilan orang PKD se Kecamatan cikaum.

Dalam giat tersebut Ketua Panwascam Cikaum Ahmad fadilah menyampaikan dalam sambutannya dengan mengatakan bahwa Pemilu Pilpres kemarin sukses makannya tidak ada alasan untuk Pilkada Tidak sukses, ini tidak hanya formalitas setelah ini ada pencerahan dan penambahan ilmu sharing dengan Panwascam dan PPK, besok Senin akan dilakukan tes wawancara bagi pengawas TPS yang sudah lengkap administrasi ada 82 orang yang akan di rekrut sesuai dengan jumlah TPS. 

Sementara komisioner Bawaslu subang Jamal juga menyampaikan dalam sambutannya dengan mengucapkan bahwa tahapan hari ini adalah tahapan kampanye terbatas ada ataupun tidak adanya pemberitahuan terkait Kampanye tersebut, tetep kita lakukan pengawaasan, jadwal belum kita terima secara utuh, silahkan mencari informasi, selain mengawasi Kampanye juga lakukan himbauan dan pencegahan kepada masyarakat yang rawan pemilih. 

Hari ini, atau sampai saat ini kami sudah menyelesaikan 2 laporan terkait netralitas kepala desa. 

Rajin lah membuat himbauan pada rapat minggon Desa atau kegiatan Desa lainnya, agar perangkat desa yaitu kades, sekdes, kasi, kaur, dan yang lain nya menjadi semakin paham terkait regulasi Pilkada. 

Kemudian terkait rekrutmen PTPS kewenangannya ada di panwascam.

Ingat jika ada giat kampanye, boleh memberikan hadiah maksimal 1 juta per orang namun bukan uang nya akan tetapi barang/hadiah.

Metode kampanye rapat umum sesuai kapasitas tempatnya yang dipakai, debat kandidat belum terjadwal yang dilaksanakan oleh KPU Subang.

Sementara Kapolsek Cikaum AKP Yusman juga menyampaikan dalam sambutannya, mengenai tindak pelanggaran pemilu, merupakan upaya menegakkan hukum Pemilu selalu melakukan komunikasi, konsolidasi dan koordinasi apabila ada permasalahan. 

Pelaksana pemilu diantaranya Panwas dan muspika merupakan satu ikatan, apabila ada permasalahan bisa diselesaikan secara musyawarah, ujar Yusman. 

Acara dilanjutkan dengan doa
Yang dibacakan oleh Ade Sugara dan diteruskan dengan pelaksanaan Bimtek PKD.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolsek Cikaum Hadiri Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengawasan PKD Oleh Panwascam

Terkini

Iklan