Iklan

Iklan

Percepat Pelayanan Masyarakat, Calon Bupati Cirebon Bertekat Berikan Satu Motor Tiap RT

klikindonesia
12 Okt 2024, 20:05 WIB Last Updated 2024-10-12T13:05:12Z

Net9.com // CIREBON - Calon Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih, SE,M.Si (Bunda Ayu) memiliki sembilan Program unggulan yang salah satunya bertekad memberikan satu motor untuk satu RT. 

Hal tersebut di ungkapkan oleh Bunda Ayu saat menerima kunjungan beberapa awak Media di tempat kediamannya di Desa Adi Dharma, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Jum'at 11/10/2024

Banyak hal yang di perbincangkan mengenai sembilan Program unggulan yang salah satunya pemberian kendaraan roda dua, tiap RT satu motor.


 Ayu mengatakan, RT adalah unit administratif pemerintahan terkecil di suatu Desa dan Kelurahan, dan RT merupakan bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan (LKD-LKK) yang bertugas membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam mengurus administrasi warga. 

Menurut Ayu, RT merupakan lembaga desa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat lingkungan paling bawah, sehingga diperlukan alat transportasi ekstra cepat, agar kebutuhan dasar administrasi warga dapat terlayani secara maksimal.

" Untuk itu, RT membutuhkan alat transportasi berupa kendaraan bermotor sebagai inventaris desa yang berfungsi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, Motor tersebut juga bisa di pergunakan oleh Puskesos, karena  Puskesos adalah Pusat Kesejahteraan Sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan pertolongan darurat.

" Puskesos adalah lembaga yang berfungsi untuk melakukan kegiatan pelayanan sosial bersama secara sinergis dan terpadu antara kelompok masyarakat yang ada di desa atau kelurahan.

" RT dan Puskesos lembaga yang memiliki peran penting dalam melayani masyarakat paling bawah. Paribasan, mereka petugas yang tau isi dapur warga di lingkunganya, " tutur Ayu 


Paslon Nomer Urut 3 ini beralasan, Poskesos juga bertugas menghimpun Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah dan dapat menerima BST dan PKH dan bantuan darurat kesehatan.

" Dengan bantuan Motor satu motor satu RT, maka pelayanan di tingkat RT dan Puskesos dapat mempercepat pelayanan administrasi dan kesejahteranan sosial masyarakat di desa dan kelurahan serta lingkunganya masing-masing, " Pungkasnya.

Dalam perbincangan tersebut terungkap tehnik penggunaan dari APBD yang akan di anggarkan tiap tahun penganggaran, sehingga tidak terasa dalam jangka 5 Tahun di targetkan selesai.

SRN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Percepat Pelayanan Masyarakat, Calon Bupati Cirebon Bertekat Berikan Satu Motor Tiap RT

Terkini

Iklan