Iklan

Iklan

Ratusan Masyarakat Hadiri Unjung-Ujungan Buyut SURO Desa Pagirikan

klikindonesia
4 Okt 2024, 06:20 WIB Last Updated 2024-10-03T23:20:19Z


Netsembilan.com Indramayu-
Ratusan Masyarakat antusias Hadiri  ujung-unjungan Upacara Adat ke Buyut SURO Desa pagirikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu, Kamis 3/10/2024.


Dalam hal ini ia berpesan kepada masyarakat agar Adat dan budaya ini tetap dilestarikan dan menghormati para leluhur." Tutur panitia. 

Usai Arak-arakan menyambut unjungan Buyut Suro ini sebelumnya dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya karnaval, serta dilanjutkan kegiatan Pagelaran seni budaya sandiwara, selain itu diadakan pengajian umum." Tambahnya. 


Sementara itu, H. Tarno selaku ketua panitia penyelenggara acara adat mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan wujud kekompakan seluruh masyarakat desa Pagirikan dalam hal menghormati leluhur mereka.

"Menyebut Puncak acara unjungan mbah buyut Suro akan diisi dengan acara Arak-arakan, ia berharap kedepan masyarakat desa Pagirikan tetap menjaga kekompakan serta menjunjung tinggi adat dan Budaya.

“Sesuai prinsip-prinsip orang terdahulu, Sehingga yang didapat dari kegiatan unjungan ini adalah nilai kebaikan yang bisa dilaksanakan sehari-hari oleh masyarakat pada umumnya,” Ujarnya

Dikatakan pula, adat desa dalam setahun dilakukan tiga kali yakni Unjungan, Mapag Sri dan Sedekah Bumi guna sebagai ungkapan rasa syukur serta supaya terhindar dari mara bahaya agar masyarakat setempat makmur." Kata H.Tarno.
 (Ari).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Masyarakat Hadiri Unjung-Ujungan Buyut SURO Desa Pagirikan

Terkini

Iklan